Cara Membuat Kue Kembang Goyang Renyah dan Gurih

Kamis, 21 Februari 20131comments

Menu Internasional - Kue kembang goyang dengan bentuknya yang khas dan rasa renyahnya yang juga khas kini sudah sedikit orang membuatnya, meskipun begitu saat hari raya masih ada beberapa orang membuatnya untuk disajikan bagi para tamu. Di beberapa daerah kue ini biasa digunakan untuk pelengkap bahan sesajian seperti di daerah Bali pada saat perayaan hari besar agama.

Membuat kue kembang goyang cukup mudah dan unik. Menggunakan cetakan kue berbentuk bunga yang mekar lalu cetakan yang sudah panas dicelupkan ke dalam adonan kue kemudian dicelupkan kedalam minyak panas sambil digoyang-goyang hingga kue terlepas. Hal ini dilakukan berulang-ulang hingga seluruh adonan habis. Nah dengan cara membuat yang unik ini maka terciptalah nama kue kembang goyang yang gurinh, renyah dan mantap. Meskipun kue ini sudah semakin berkurang keberadaannya kecuali di kampung-kampung, namun bagi yang masih melestarikannya merupakan kebanggan tersendiri.

Hal yang terakhir bagi anda yang belum pernah menikmati atau membuat kue ini adalah membaca dan mencoba resep yang akan kami bagikan segera untuk anda. Resep kue kali ini akan kami bagikan di Cara Membuat Kue Kembang Goyang Renyah dan Gurih. Semoga anda berhasil dan kue tradisional tetap lestari.

Bahan-bahan untuk membuat kue kembang goyang :
  • 200 gram tepung beras
  • 65 gram gula pasir halus
  • 2 butir telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 250 ml santan (dari parutan 1/2 butir kelapa)
  • 2 sendok makan wijen
  • Minyak goreng secukupnya
Kue Kembang Goyang


Cara Membuat Kue Kembang Goyang Renyah dan Gurih :
  1. Campurkan tepung beras, gula pasir, garam dan wijen, aduk hingga rata.
  2. Tuang telur beserta santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga seluruh adonan tercampur rata.
  3. Masukkan cetakan kue kembang goyang ke dalam minyak yang sudah dipanaskan untuk memanaskan cetakan.
  4. Celupkan cetakan kue ke dalam adonan, lalu masukkan ke dalam minyak yang sudah panas sambil goyang–goyang cetakan sampai adonan kue terlepas dari cetakan.
  5. Goreng kue dengan mengulangi langkah diatas sampai matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan.
  6. Angkat kue lalu tiriskan. Kue kembang goyang kini sudah siap disajikan. Sajikan kue dengan disimpan di dalam stoples kedap udara agar terjaga kerenyahannya untuk waktu lama.

Untuk membuat kue kembang goyang lebih menarik, bisa digunakan pewarna kue (jika diinginkan). Selamat mencoba dan berkreasi.
Share this article :
 
Copyright © 2012. Resep Masakan Internasional - All Rights Reserved
RSS Feeds
Powered by Blogger