Cara Membuat Kue Lidah Kucing Gurih dan Renyah

Posted by

Menu Internasional - Salah satu kue kering yang akan kita buat resepnya kali ini adalah kue lidah kucing. Mengapa diberi nama kue lidah kucing, karena kue ini bentuknya pipih dan lonjong seukuran dengan lidah kucing. Kue ini saudah tidak asing lagi bagi penggemar kue kering, pasalnya ada saja yang menyuguhkan kue ini sat hari raya baik Idul Fitri maupun Natal. Kue ini memang cukup lama namun tak kalah populer dengan kering lain seperti nastar dan kue putri salju.

Kue ini memiliki tekstur yang sangat renyah karena bentuk nya yang tipis dan kering. Rasa dari kue ini manis dan gurih. Dan yang paling nikmat saat menikmati kue ini adala susah berhenti menikmatinya. Sekali gigit maka selanjutnya akan susah berhenti. Kue ini tidak hanya disuguhkan saat hari raya saja. Lidah kucing dengan rasanya yang nikmat juga bia dimakan saat santai menemani minum kopi atau dibawa saat bertamasya. Nah untuk para pelajar ngemil kue lidah kucing bisa membantu konsetrasi belajar juga.

Nah untuk anda yang tertarik menikmati kue kering yang satu ini tidak usah lama-lama menunggu hari raya tiba, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan disajikan untuk anggota keluarga anda tercinta. Resep kue kali ini akan kami sediakan di Cara Membuat Kue Lidah Kucing Gurih dan Renyah. Semoga resep ini bermanfaat dan membantu anda untuk menciptakan kue yang nikmat.

Bahan-bahan Kue Lidah Kucing :
  • 300 gram Margarin dan Mentega
  • 175 gram Gula halus
  • 2 butir Kuning telur
  • ½ sendok teh Vanilla pasta
  • 275 gram Tepung terigu
  • 25 gram Susu bubuk full cream
  • 1 sendok makan Gula pasir 
  • 100 cc Putih telur
  • ½ sendok teh Perenyah cookies (jika diperlukan)
Kue Lidah Kucing Gurih dan Renyah

Cara Membuat Kue Lidah Kucing Gurih dan Renyah :
  1. Kocok / mixer margarin dan mentega bersama dengan gula halus, perenyah kue, dan pasta vanilla hingga putih pucat, kemudian tambahkan kuning telur, lalu kocok lagi hingga adonan mengembang.
  2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, sambil diayak dan sambil diaduk sampai rata.
  3. Kocok putih telur di mangkok terpisah hingga mengembang, kemudian masukkan gula dan kocok terus hingga menjadi kaku.
  4. Secara bertahap atau sedikit demi sedikit, masukkan adonan putih telur kedalam adonan mentega sambil diaduk hingga rata.
  5. Tuang adonan yang sudah jadi kedalam plastik segitiga, kemudian semprotkan pada loyang atau cetakan kue lidah kucing. Selanjutnya oven hingga kue berwarna kuning keemasan dan matang.
Catatan : 
  • Jangan meng-oven adonan dengan temperatur terlalu tinggi, karena hal ini akan menyebabkan hasil kue tidak matang merata ( pinggiran kue gosong namun bagian tengah masih basah/belum matang).
  • Jika anda ingin membuat hiasan diatas permukaan kue anda bisa memberi lelehan susu atau krim diatasnya sebelum dipanggang/dioven.
Selamat mencoba dan berkreasi.


Blog, Updated at: 23.48