Cara Membuat Kerak Telor Khas Jakarta Gurih dan Enak

Posted by

Menu Internasional - Kembali lagi dengan resep-resep masakan dan makanan sederhana. Kali ini kita akan membagikan resep kerak telor yang merupakan jajanan tradisional khas Daerah Ibukota Jakarta yang awalnya dipopulerkan oleh etnis Betawi. Jajanan pasar ini dibuat dengan campuran bahan-bahan sederhana seperti beras ketan putih, telur ayam, udang kering yang diasinkan dan dimasak sangrai kering dan tambahan bawang merah goreng, dengan bumbu-bumbu antara lain kelapa disangrai, cabai merah, jahe, kencur, merica butiran, gula pasir dan garam  yang dihaluskan.

Kerak telor ini sudah sangat melekat dengan budaya Betawi khususnya budaya kuliner Betawi, hal yang sama jika kita membicarakan bir pletok yang kita ingat adalah Betawi. Kerak telor memang ciri khas Betawi yang tak pernah lekang di telan jaman, juga tak mundur oleh makanan instant yang kini banyak beredar di masyarakat dengan harga yang murah. Makanan Tradisional ini masih sangat mudah dijumpai di pasar tradisional, pasar malam atau saat event budaya yang lain.

Anda yang tinggal di luar wilayah Jakarta tidak perlu khawatir tidak bisa menikmati kerak telor. Anda bisa membuat dan menikmati kerak telor dengan membuatnya sendiri di rumah. Bagaimana membuatnya? Simak saja resepnya di Cara Membuat Kerak Telor Khas Jakarta Gurih dan Enak yang berikut ini.

Bahan-bahan Membuat KerakTelor Khas Jakarta :
  • 100 gr beras ketan (putih)
  • 250 ml air
  • 100 gr parutan kelapa kasar (sangrai sebagai bahan taburan)
  • 5 btr telur bebek
  • 15 gr ebi (udang kering yang diasinkan), seduh dengan air, disangrai, lalu haluskan
  • 30 gr bawang merah goreng
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • Bawang merah goreng sebagai taburan
Bumbu-bumbu yang dihaluskan :
  • 4 buah cabai merah keriting
  • 3 cm potongan kencur
  • 1 cm potongan jahe
  • 1/2 sdt merica
Kerak Telor Khas Jakarta


Cara Membuat Kerak Telor Khas Jakarta Gurih dan Enak :
  1. Siapkan penggorengan(wajan), panaskan minyak, lalu tumis bumbu-bumbu yang sudah dihalus hingga keluar aroma harum.
  2. Rendamlah beras ketan putih dengan air selama semalam, lalu tiriskan.
  3. Siapkan lagi wajan cekung. Masukkan 1,5 sdm beras ketan putih. Tuangi dengan 3 sdm air sisa rendaman beras ketan. Biarkan bahan hingga setengah kering.
  4. Kocoklah campuran bahan sebutir telur bebek, 1/2 sdt bumbu yang telah dihaluskan, 1/2 sdt ebi (udang kering yang diasinkan), 1/2 sdm bawang merah goreng, 1/8 sdt garam, dan 1 /8 sdt gula pasir.
  5. Tuangkan campuran bahan di atas ke dalam ketan. Aduklah sambil diratakan di dalam wajan. Diamkan hingga matang sambil ditutup. Balikkan wajan penggorengan menghadap ke bawah di atas bara api. Tunggu hingga matang, alu angkat.
  6. Taburi dengan kelapa yang telah disangrai dan bawang merah goreng.
  7. Kerak Telor Khas Jakarta siap disajikan, nikmati selagi panas/hangat.
Mudah kan? Tertarik untuk membuat sendiri Kerak Telor anda? Selamat mencoba dan berkreasi.


Blog, Updated at: 6:45 AM