Cara Membuat Ketan Srikaya Campur Kenari Khas Sumatra Barat

Posted by

Menu Internasional - Ketan Srikaya merupakan kekayaan kuliner dari daerah Sumatra Barat, menurut sejarahnya makanan ini trend saat bulan puasa, dan jaman dahulu sering disebut dengan "makanan mertua" oleh penduduk setempat. Hal ini dikarenakan pada jaman dahulu saat bulan puasa ketan srikaya ini ditaruh di rantang dan dihantarkan ke tempat mertua, begitu katanya. 

Seiring berjalannya waktu dan karena ke khas-an rasanya saat ini Ketan Srikaya sudah bukan hanya menjadi makanan mertua lagi namun sudah menjadi makanan khas untuk semua kalangan. Proses pembuatannya juga tidak susah, nah yang penasaran resepnya ada koq di Cara Membuat Ketan Srikaya Campur Kenari khas Sumatra Barat. Yuk deh simak aja resepnya.

Bahan-bahan untuk membuat Ketan Srikaya :
  • 1/2 kg beras ketan hitam/putih sesuai selera (bersihkan dengan air)
  • 600 ml santan hasil parutan 3/4 butir kelapa
  • 1 sdt garam
  • 2 lbr daun pandan
Bahan untuk membuat Srikaya :
  • 10 btr telur ayam (lebih baik gunakan telurayam kampung)
  • 200 gr gula aren, disisir halus
  • 50 gr gula pasir
  • 750 ml santan hasil parutan 3/4 butir kelapa
  • 1/8 sdt garam
  • 200 gr kenari (dikupas), lalu cincang kasar
Ketan Srikaya Mantap


Cara Membuat Ketan Srikaya Campur Kenari khas Sumatra Barat :
  1. Rendamlah beras ketan putih/hitam selama kira-kira 3 jam lalu tiriskan.
  2. Kukuslah beras ketan hingga setengah matang, angkat dan sisihkan.
  3. Campurkan santan, garam dan daun pandan. Masukkan beras ketan putih/hitam setengah matang, masaklah hingga air santan habis terserap oleh beras ketan, lalu angkat.
  4. Kukuslah beras ketan putih/hitam dalam dandang yang panas selama kira-kira 30 menit atau hingga matang, angkat dan sisihkan kembali.
  5. Oleskan minyak ke dalam cetakan talam kecil, masukkan ketan yang sudah matang hingga 1/2 cetakan. Padatkan dan sisihkan.
  6. Membuat Srikaya : Kocoklah telur dicampur gula hingga gula larut seluruhnya. Tuangkanlah santan dan garam, aduk-aduk hingga rata, lalu saringlah.
  7. Tambahkan kayu manis bubuk serta kenari yang sudah dicinang kasar, aduklah hingga rata. Tuangkan srikaya yang tadi dibuat kedalam cetakan berisi 1/2 ketan putih/hitam hingga peuh.
  8. Kukuslah Ketan Srikaya kedalam dandang yang panas di atas api kecil (tujuannya adalah agar permukaan srikaya tidak mengembang) hingga matang, lalu angkat dan dinginkan.
Nah sudah jadi simpelkan cara membuatnya, selamat mencoba dan berkreasi.


Blog, Updated at: 04.23