Cara Membuat Kue Awug-Awug Manis dan Kenyal

Posted by

Menu Internasional - Kue awug-awug merupakan kue basah yang rasanya manis, memiliki tekstur lembut, dan warna yang menggoda. Bahan dasar untuk membuat kue ini adalah tepung beras atau tepung ketan. Saat ini masih sangat mudah untuk mendapatkan kue tradisional khas ini. Cara membuatnya pun sangat tidak sulit, dari bahan-bahan untuk membuatnya pun sangat mudah didapatkan. Tersedia di swalayan, toko bahan makan atau kue, bahkan di warung-warung terdekat pun bisa kita dapatkan bahan kue yang enak ini.

Nah penulisan resep ini bertujuan untuk membudayakan makanan kecil atau jajanan tradisional yang makin lama kian hilang tergerus oleh makanan kecil atau jajanan modern yang tak habis-habisnya mengambil alih keberadaan kue tradisional ini. Semoga dengan menghadirkan resep kue tradisional kita bisa mengembalikan budaya kuliner kita kembali ke masa kejayaan.

Kue tradisional umumnya dibuat tanpa bahan pengawet, terutama untuk kue basah sehingga tidak mampu bertahan dalam waktu yang lama. Kue tradisional juga umumnya lebih sehat karena pembuatan nya jarang menggunakan bahan-bahan kimia, dan menggunakan bahan alami. Selain lebih sehat tentu saja lebih murah dan mudah dalam proses pembuatan nya.

Nah kali ini bagi anda yang ingin membuat kue awug-awung sebagai makanan kecil untuk saat santai anda, anda bisa mengikuti resep kue awug-awung dibawah ini. Semoga berhasil dan bermanfaat bagi anda semua.

Bahan-Bahan :
  • 350 gram tepung ketan
  • ½ sendok makan vanili
  • 200 ml air
  • 1 buah kelapa, diparut memanjang
  • ¼ sendok teh garam
  • 1 ½ sendok makan gula pasir
  • Pewarna makanan (merah) secukupnya
  • Pewarna makanan (hijau) secukupnya
  • 3 lembar daun pandan, potong-potong
  • Daun pisang secukupnya
Kue Awug-awug

Cara Membuat Kue Awug-Awug Manis dan Kenyal :
  1. Campurlah tepung ketan dan vanili, lalu perciki dengan sedikit air, aduk-aduklah hingg rata. Masukkan kelapa parut, gula pasir dan garam, aduk-aduk kembali hingga rata. Bagilah adonan menjadi 2 bagian sama rata, berilah warna dimasing-masing bagian, sebagian warna merah dan bagian lain warna hijau, lalu aduk rata masing-masing bagian.
  2. Siapkanlah loyang, alasi dengan daun pisang, taruhlah beberapa potongan daun pandan. Tuangkanlah adonan berwarna merah, ratakan diatas daun pisang. Kemudian tuangkan juga adonan berwarna hijau diatasnya dan ratakan dan padatkan.
  3. Kukuslah hingga adonan menjadi matang, angkat, dinginkan dan potong-potonglah sesuai selera.
Nah kue awug-awug telah selesai dibuat semoga resep ini mampu melestarikan kue tradisional indonesia. Selamat mencoba dan berkreasi.


Blog, Updated at: 23.00