Cara Membuat Kue Benjak Enjak dan Kue Maksuba Khas Lampung dan Palembang

Posted by

Menu Internasional - Kue Benjak Enjak dan Kue Maksuba adalah kue tradisional yang merupakan kue khas dari daerah Lampung. Kue Benjak Enjak ini hingga saat ini masih banyak yang membuatnya dan masih banyak juga ditemukan dipasar-pasar tradisional khususnya di daerah kue tersebut berasal. Sedangkan Kue Maksuba adalah Kue lapis khas Palembang yang banyak dihidangkan di meja tamu terutama pada saat hari raya seperti lebaran atau acara keluarga. Kue Ini terkenal dengan rasanya yang teramat sangat manis sehingga cocok di makan bersama teh pahit hangat atau kopi pahit. Nah Kedua kue tersebut akan saya hadirkan dalam resep Cara Membuat Kue Benjak Enjak dan Kue Maksuba Khas Lampung dan Palembang.

1. Kue Benjak Enjak (Khas Lampung)
    
Bahan-bahan :
  • 250 gram beras ketan
  • 300 gram pisang raja yang sudah tua
  • 100 gram gula merah
  • Daun pisang untuk membungkus
Cara Membuat Benjak Enjak :
  1. Cucilah beras ketan hingga bersih, lalu rendam selama 30 menit.
  2. Kukuslah ketan dalam dandang hingga ½ matang, lalu angkat dan sisihkan.
  3. Campurkanlah ketan, pisang raja dan gula merah , remas-remaslah hingga gula dan pisang hancur. Ambillah selembar daun pisang berilah 2 sendok adonan ketan pisang, gulung lalu lipatlah kedua ujung nya.
  4. Ambil 2 bungkus adonan, satukan dan ikat dengan tali pada ujung-ujungnya, lalu rebus dalam air mendidih hingga matang.
  5. Setelah matang angkat dan sajikan.
Kue Benjak Enjak Khas Lampung

2. Kue Maksuba (Khas Palembang)

Bahan-bahan :
  • 28 butir telur
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 250 gram mentega lelehkan
  • 800 gram gula pasir
Cara Membuat Kue Maksuba Khas Palembang

Cara Membuat Kue Maksuba :
  1. Kocoklah campuran telor, gula dan mentega hingga gula larut
  2. Tambahkanlah susu kental manis, lalu kocok kembali adonan hingga rata.
  3. Tuangkan 250 ml adonan ke dalam loyang persegi dengan ukuran 24 cm dan tinggi 7 cm yang diolesi dengan margarine dan dialasi dengan kertas roti, lalu pangganglah dalam oven dengan api atas dan bawah hingga adonan berwarna kecoklatan.
  4. Keluarkan loyang, lalu tuangkan 250 ml adonan diatas lapisan yang sudah dipanggang tadi, panggang menggunakan api atas hingga berwarna kecoklatan-coklatan. Lakukan sampai adonan habis digunakan.
  5. Setalah matang, angkat dan dinginkan. Keluarkan kue dari dalam loyang alalu potong-potong sebanyak 24 potong kue.
Nah demikian resep kue tradisional yang berasal dari daerah Lampung, jika anda tertarik segera saja mempraktekan resep kuenya. Selamat mencoba dan beekreasi.


Blog, Updated at: 02.44