Cara Membuat Carang Gesing Khas Daerah Istimewa Yogyakarta

Posted by

Menu Internasional - Carang Gesing merupakan salah satu kekayaan kuliner nusantara yang merupakan kue khas Daerah Istimewa Yogyakarta serta Jawa Tengah. Kue yang merupakan jajanan pasar ini sekilas tampak sangat mirip dengan Kue Nagasari atau Nogosari. Namun pada kenyataannya memang berbeda antara nagasari dan carang gesing ini. Dengan bahan utama yang mirip serta pembungkusan yang sama pula yaitu dengan daun pisang membuat orang susah untuk membedakan antara nama kedua jenis kue ini.

Kue ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga saat santai atau saat berkumpul bersama keluarga. Kue ini bertekstur lembut, legit dan aroma nya khas apalagi ditambah dengan aroma pandan dan daun pisang sebagai pembungkus kue. Pastinya akan menghipnotis orang yang melihatnya untuk segera menikmati kue basah yang enak banget ini.

Pada kesempatan kali ini akan kita bagikan resep Kue carang gesing, tentu saja dengan resep yang sederhana dan mudah diikuti, namun jangan salah ya meskipun bahan-bahan dan cara pembuatan nya mudah didapat dan dipraktekan jangan kira kalau hasilnya juga sederhana tentu saja dalam hal tampilan dan rasanya anda tidak akan menyangka bisa memubuat kue seenak itu sendiri di rumah. Baiklah daripada makin penasaran dan tidak salah paham lagi antara nagasari dan carang gesing segera saja simak resep specialnya untuk anda di Cara Membuat Carang Gesing Khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang berikut ini.

Bahan-bahan : 
  • 4 butir telur ayam
  • 125 gram gula pasir
  • 500 ml santan kental hasil parutan 1 butir kelapa
  • Garam secukupnya
  • 3 lembar daun pandan, dipotong-potong
  • 10 buah pisang raja, dipotong pendek-pendek bulat
  • Daun pisang secukupnya untuk bahan pembungkus
  • Lidi untuk disematkan sebagai kancing pembungkus
Cara Membuat Carang Gesing Khas Daerah Istimewa Yogyakarta

Cara Membuat Carang Gesing Khas Daerah Istimewa Yogyakarta :
  1. Campurkanlah telur bersama gula, lalu kocoklah kedua bahan tersebut hingga halus. Lalu tambahkanlah santan serta garam kemudian diaduk-aduk dan saringlah.
  2. Ambilah selembar daun pisang yang disesuaikan ukuran nya, letakkan sepotong daun pandan di atasnya. Masukkan kedalam daun pisang potongan-potongan pisang secukupnya baru kemudian tuangi dengan adonan santan. Selanjutnya bungkuslah campuran pisang dan adonan sntan tersebut dengan bentuk tum atau bungkus tape.
  3. Kukuslah bungkusan-bungkusan tersebut hingga matang, angkat dan sajikan jika sudah mulai dingin.
Demikianlah resep special membuat carang gesing, sekarang sudah tahu kan bedanya antara nagasari dan carang gesing. Untuk anda yang tertarik segera saja mempraktekan resepnya. Dan akhir kata selalu ditutup dengan selamat mencoba dan berkreasi.


Blog, Updated at: 08.30