Tips dan Trick Membuat Kue Yang Baik dan Benar Dengan Hasil Sempurna

Posted by

Menu Internasional - Kue merupakan makanan ringan diluar makanan utama yang biasanya dibuat dengan bahan-bahan tepung, biasanya menggunakan tepung sagu, tepung beras, tepung terigu, tepung maizena, tepung tapioka yang hasilnya bercita rasa manis dan gurih. Kue sendiri mempunyai macam varian seperti kue basah, kue kering. Jenis kue tradisional banyak sekali didapatkan di Indonesia, Singapura, Malaysia dan juga Belanda yang pernah mempunyai sejarah dengan Indonesia. 

Kue atau dalam bahasa Ingris disebut dengan cake memang sangat digemari sebagai makanan ringan saat berkumpul dengan keluarga, saat acara resmi maupun tidak resmi sebagai suguhan, sebagai suguhan dalam hari-hari besar keagamaan, upacara adat dan lain sebagainya. Kue atau cake yang bercita rasa manis dan gurih inipun biasanya selalu menemani dalam kegiatan-kegiatan santai seperti nonton, atau sebagai teman pengusir kebosanan saat bekerja. 

Dalam pembuatannya tentunya setiap orang menginginkan hasil kue atau cake yang sempurna baik dari segi rasa maupun tampilannya. Pada kesempatan ini dalam postingan sederhana ini akan dibagikan Tips-tips yang tentunya akan sangat berarti sebagai pegangan dalam mengolah bahan-bahan menjadi adonan dan tentunya hasil yang baik dan sempurna. Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum anda membuat kue/cake, silahkan simak saja dalam Tips dan Trick Membuat Kue Yang Baik dan Benar Dengan Hasil Sempurna berikut ini.
  1. Pertama, kenali bahan-bahan untuk membuat adonan cake, seperti telur, gula, tepung teigu atau tepung yang lain, lemat yang terdiri dari mentega dan margarine. Bahan pengembang serta alat untuk membuat kue seperti oven dan lain-lain.
  2. Kocoklah telur dengan menggunakan peralata yang kering serta terbebas dari lemak. Telur yang digunakan harus telur yang masih segar dan bersuhu ruangan, apabila telur yang akan digunakan baru saja disimpan dalam lemari pendingin sebaiknya telur didiamkan beberapa saat hingga mencapai suhu ruangan.
  3. Istilah kocoklah telur hingga mengembang artinya adalah telur dikocok bersama gula hinggan kental dam warnanya memucat. Hal itu dapat diketahui dengan mengambil adonan dengan menggunakan sendok, jiak terdapat jejak pada permukaan adonan dan jejak tidak hilang dalam beberapa saat maka adonan sudah mengental.
  4. Dalam mengocok mentega atau margarin denganj telur tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Jika dikocok bersamaan maka hasil adonan tidak bisa menyatu. Cara yang benar untuk melakukan nya adalah masukkanlah telur satu persatu pada saat mengocok mentega atau margarin.
  5. Untuk menhemat waktu sebaiknya gunakan gula kastor atau gula pasir dengan butiran yang halus. Alasan menggunakan gula kastor adalah karena gula kastor ini lebih mudah larut ke dalam adonan dibanding menggunakan gula pasir biasa yang membutuhkan waktu lebih lama untuk hancur dan larut dalam adonan.
  6. Untuk mencampurkan tepung terigu ke dalam adonan telur sebaiknya menggunakan sendok kayu, jangan sekali-sekali mengaduk dengan menggunakan mixer meskipun dengan kecepatan paling rendah sekalipun, karena mengaduk adonan tersebut dengan mixer akan melepas udara dalam adonan sehingga akan menyebabkan adonan yang tidak mengembang secara sempurna. Sedangkan jika menggunakan sendok kayu udara yang berada dalam adonan akan terperangkap dan tidak terbuang sehingga dihasilkan adonan dsesuai dengan keinginan kita dan mampu mengembang sempurna.
  7. Untuk melelehkan mentega atau margarine sebaiknya gunakanlah api yang kecil hingga margarine atau mentega meleleh. Setelah itu segeralah angkat dan diaduk. Apabila sudah mulai dingin, sebaiknya dituangkan sedikit demi sedikit sambail diaduk perlahan-lahan.
  8. Olesi atau lapisi loyang yang akan digunakan sebagai alas kue dengan mengguanakan margarine lalu di alasi dengan menggunakan kertas roti dan olesi kembali dengan margarine tipis-tipis saja. Jangan taburi bagian dalam loyang menggunakan tepung terigu, hal ini akan menyebabkan adanya lapisan yang mudah terkelupan hingga akan menyebakan hasil kue menjai tidak bagus dari segi tampilan.
  9. Dilarang keras memasukkan adonan kue/cake apabila suhu untuk memanggang belu tercapai sesuai keinginan kita karena hal tersebut akan menghasilkan kue yang bantat. Sebaiknya panaskanlah oven sebelum dipakai selama minimal 15 menit hingga tercapai suhu yang diinginkan, jika sudah tecapai. Setelah adonan kue masuk kedalam oven jangan sekali-kali membuka pintu oven pada saat 15 menit pertama agar kue atau cake bisa mengembang sempurna.
  10. Untuk menguji kematangan dari kue yang kita buat, caranya adaltusuklah kue dengan menggunakan lidi, apabila lidi masih basah saat dikelurkan artinya kue yang dibuat belum matang. teruskan meng-oven hingga benar-benar matang. Hal ini dilakukan juga agar kue tidak menjadi gosong.
Tips dan Trick Membuat Kue Yang Baik dan Benar Dengan Hasil Sempurna

Nah demikian tadi Tips dan Trick dalam membuat kue/cake, semoga artikel ini mampu membantu anda dalam membuat kue yang enak dan nikmat, sebagai akhir kata selamat mencoba dan berkreasi.


Blog, Updated at: 03.15