Tips Berbuka Puasa Yang Baik dan Sehat Selama Bulan Ramadhan

Posted by

Menu Internasional - Puasa adalah hal yang wajib dilakukan saat bulan Ramadhan seperti saat ini. Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus akan tetapi yang lebih penting dari puasa itu sendiri adalah menahan hawa nafsu, baik itu nafsu makan, nafsu syahwat maupun menjaga nafsu negatif dari dalam diri seperti amarah dan perilaku negatif yang lain. Nah dalam berpuasa juga masing-masing orang mempunyai tujuan sendiri. Ada yang berpuasa karena memang wajib seperti berpuasa saat bulan Ramadhan, atau untuk tujuan kesehatan seperti puasa diet dan lain sebagainya.

Dalam berpuasa sangat penting dalam menjaga pola makan terutama saat berbuka puasa. Ada beberapa orang setelah berpuasa tidak makan seharian begitu saat berbuka puasa langsung saja makan dengan lahap nya karena mungkin saking laparnya. Namun jangan salah hal demikian harus dihindari. Yang perlu di perhatikan dalam hal mengkonsumsi makanan saat berbuka puasa. Mengapa seperti itu? Jawabannya adalah karena selama berpuasa sistem pencernaan dalam tubuh cenderung mengurangi produksi enzim yang berguna untuk metabolisme sehingga sangat berpengaruh terhadap lapisan lendir di dalam tubuh.

Nah memakan atau mengkonsumsi makanan secara berlebihan dan tidak terkontrol saat berbuka puasa bisa menyebabkan banyak masalah terhadap kesehatan tubuh seperti misalnya sakit perut, kembung serta diare. Saat berbuka puasa setelah tidak makan seharian sistem pencernaan dalam tubuh beradaptasi kembali dengan makanan dan minuman secara perlahan sehingga apabila dipaksa untuk langsung mengkonsumsi makanan yang berat akan membuat sistem pencernaan dipaksa untuk bekerja mencerna makanan yang anda konsumsi dan akibatnya bisa fatal. dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan senang hati akan saya bagikan Tips Berbuka Puasa Yang Baik dan Sehat Selama Bulan Ramadhan untuk anda semua di sini.

Tips Berbuka Puasa Yang Baik dan Sehat Selama Bulan Ramadhan
  1. Waktu berbuka puasa pastinya sudah ditentukan, dengan begitu anda bisa menyesuaikan banyaknya konsumsi makanan dan juga jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi dengan berapa lama waktu anda berpuasa dalam sehari.
  2. Berbuka puasalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis dan lembut. Karena selama berpuasa tubuh pasti kehilangan banyak nutrisi dan energi. Makanan atau minuman yang mengandung gula akan mampu memberi asupan nutrisi dan energi dengan cepat sehingga tubuh akan kembali segar dalam waktu singkat.
  3. Berbukalah puasa dengan konsumsi cairan. Sejak hari pertama berpuasa biasakan berbukapuasa dengan mengkonsumsi jus buah atau sayuran segar. Dan hindari cairan atau minuman yang terlalu dingin karena minuman yang terlalu dingin akan membuat perut cepat kenyang sehingga mengurangi atau bahkan menghilangkan nafsu makan makanan yang bergizi dan berguna bagi tubuh kita. Akibatnya tubuh akan cepat lemas untuk berpuasa esok harinya.
  4. Lanjutkan mengkonsumsi buah-buahan serta yogurt setelah tubuh mampu beradaptasi dengan cairan. Minumlah yogurt yang menandung probiotik yang baik untuk usus dan sistem pencernaan.
  5. Biasakan memakan makanan-makanan yang tidak terlalu padat sebelum mengkonsumsi makanan berat berbahan susu atau daging.
  6. Perhatikan kondisi tubuh anda, berbukalah puasa dengan porsi yang sedikit atau tidak terlalu banyak dan tidak terlalu membuat terlalu kenyang. Berhenti makan saat mulai kenyang, jangan sampai kekenyangan atau terlalu kenyang. Anda bisa selingi dengan mengemil dalam jangka waktu 2 sampai 3 jam sekali.
  7. Saat berbuka puasa dibiasakan makan secara perlahan jangan tergesa-gesa, dengan makan dan mengunyah secara perlahan hingga lembut akan membantu sistem pencernaan anda bekerja tidak terlalu berat dalam mencerna makanan sehingga metabolisme bisa berjalan lancar tanpa membuat anda sakit.

Nah  itulah tadi tips berbuka puasa yang baik dan sehat untuk memperlancar puasa anda di bulan Ramadhan tahun ini. Semoga bermanfaat dan tetap sehat selama berpuasa.


Blog, Updated at: 06.47