Cara Membuat Kue Tradisional Bika Padang Khas Sumatra Barat

Posted by

Menu Internasional - Kali ini kita akan mencoba membahas cara membuat kue bika Padang. Jika kita mengingat atau menyebut nama kue tradisional bika, maka yang kita ingat adalah kue bika ambon yang begitu terkenal di Medan. Kue Bika Padang sangat berbeda dengan kue Bika Ambon yang sering kita lihat atau kita bicarakan. Jika kita lihat sekilas pun kita dapat langsung melihat perbedaan antara Bika Ambon dengan Bika Medan. Meskipun bahan dasarnya sama namun dalam hal rasa dan bentuk serta cara pengolahannya juga berbeda. 

Jika anda masih bingung dengan bentuk antara kedua bika tersebut, anda bisa melihat dari tekstur masing-masing. Bika Ambon berwarna kuning atau hijau (pandan) dengan tekstur berlubang-lubang seperti sarang tawon. Sedangkan Bika Padang memiliki warna putih, dengan tekstur dan bentuk layaknya apem. Jika Bika Ambon diolah dengan cara dikukus, sedangkan bika Padang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang.

Jika anda masih belum bisa membayangkan juga bagaimana sih kue Bika Padang ini, jangan khawatir selalu ada solusi untuk anda yang ingin melihat atau bahkan membuat da mencicipinya. Kali ini akan saya bagikan resep membuat kue Bika Padang khusus untuk anda, semoga resep ini bisa membantu anda untuk tidak penasaran sekaligus melestarikan kue tradisional Indonesia. Semoga rasanya pun tidak jauh berbeda dengan yang asli. Resepnya ada di Cara Membuat Kue Tradisional Bika Padang Khas Sumatra Barat yang berikut ini.

Cara Membuat Kue Tradisional Bika Padang Khas Sumatra Barat

Bahan-bahan :
  • 250 gram tepung beras 
  • 200 gram tape singkong
  • 100 gram gula pasir
  • 300 ml santan
  • 150 gram kelapa parut
  • 2 sendok teh baking powder
Cara Membuat Kue Tradisional Bika Padang Khas Sumatra Barat :
  1. Campurkanlah bahan tepung beras dengan tape singkong dan gula pasir, lalu aduk-aduk bahan hingga tercampur rata. Tuangkan santan sedikit demi sedikit ke dalam campuran bahan tadi sambil diaduk-aduk hingga tercampur rata. Selanjutnya tambahkan kelapa parut serta baking powder, aduk-aduk kembali hingga rata. Kemudian diamkan adonan hingga kira-kira 30 menit.
  2. Siapkan cetakan kue muffin, alasi bagian bawahnya dengan paper cup. Tuanglah adonan ke dalam cetakan, lalu panggang adonan di dalam oven atau dipanggang diatas bara api hingga matang sempurna, segera angkat dari oven atau bara api, lalu sajikan selagi panas atau hangat.
Nah gampang sekali kan membuatnya, kue Bika Padang sudah bisa anda nikmati. Bahan-bahan yang disediakan di atas bisa menghasilkan kue Bika Padang sebanyak 15 buah. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.

Note : Kue bika Padang di tempat asal nya di Sumatra Barat sering disebut orang dengan sebutan kue bakar. Istilah ini muncul karena Bika Padang diolah dengan cara dipanggang atau dibakar di atas bara api. Cetakan kue ini biasanya berbentuk bintang dan dilapisi dengan daun waru. Lapisan daun waru membuat aroma khas kue yang mengkombinasi aroma daun waru dan aroma kayu bakar. 


Blog, Updated at: 18.20