Cara Membuat Bubur Lemu Spesial Khas Jawa Barat

Posted by

Menu Internasional - Dari namanya makanan yang satu ini memang agak unik, dan mungkin akan sedikit dihindari oleh banyak orang gemuk. Ya nama makanan yang akan kita bikin kali ini adalah bubur lemu. Asal muasal kata lemu disini saya juga tidak terlalu mengerti karena sejarah tentang bubur lemu ini juga sangat kurang digali. Bubur lemu adalah makanan khas Jawa Barat, nama makanan yang satu ini juga disebut dengan Bubur Sumsum oleh sebagian orang. Bubur lemu ini terbuat dari tepung beras, ada yang berwarna putih ada juga yang berwarna hijau karena ada campuran pandan.

Dalam penyajiannya bubur lemu dicampur dengan kuah gula merah atau dalam bahasa Jawa disebut juruh dan masih ditambah dengan kuah santan. Namun biasanya orang banyak membuat bubur lemu atau bubur sumsum ini langsung dicampur dengan santan saat memasaknya. Untuk resep kali ini santan dibuat terpisah dan digunakan saat penyajian. Yang perlu di ingat saat membuat bubur lemu ini adalah sesuaikan bahan dengan banyaknya porsi yang akan dibuat, mengingat bubur ini tidak tahan lama. Jadi bahan yang digunakan tidak terbuang sia-sia.

Untuk membuat bubur lemu sendiri sangat mudah, bahan-bahan yang digunakan juga tidak banyak. Bubur lemu ini sangat cocok untuk sarapan, walaupun sebenarnya bisa disantap kapan saja. Rasa gurih dari bubur ini dicampur dengan rasa manis dari kuah gula selalu bikin ketagihan. Dulu waktu masih kecil ibu sering membuatkan bubur semacam ini dan selalu jadi makanan favorit. Hingga sekarang bahkan sering membuat kangen masa-masa itu.

Nah jika anda ingin membuat bubur lemu untuk keluarga, siapkan bahan-bahannya dan kami akan siapkan resep spesial nya untuk anda. Resep kali ini cukup sederhana, singkat dan jelas, mudah-mudahan apa yang kami buat di sini sesuai dengan selera anda. Resep spesial kali ini akan kami berikan kepada anda semua di Cara Membuat Bubur Lemu Spesial Khas Jawa Barat. Yuk kita simak dan coba sekarang.

Cara Membuat Bubur Lemu Spesial Khas Jawa Barat

Bahan-bahan :
  • 500 gram tepung beras
  • 1 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh pasta pandan
  • 2,5 liter santan (hasil parutan 1 butir kelapa)
  • Es batu secukupnya (jika ingin disajikan dingin)

Bahan saus/kuah Gula :
  • 250 gram gula merah
  • 100 ml gram gula putih
  • 400 ml air
  • 1/2 sendok teh maizena (larutkan dengan 3 sendok makan air)

Bahan saus/kuah Santan :
  • 500 ml santan kental
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Bubur Lemu Spesial Khas Jawa Barat :
  1. Larutkan tepung beras dengan menggunakan santan kemudian diaduk-aduk hingga rata. Lalu tambahkan garam, daun pandan dan pasta pandan. Kemudian didihkan bahan tersebut di atas api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga bahan bubur mengental dan matang, angkat dan dinginkan dahulu.
  2. Membuat saus/kuah gula : campurkan gula merah, gula pasir dan air, lalu rebuslah hingga mendidih dan gula larut bersama air. Selanjutnya tuangkan larutan maizena sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk agar merata, jika di rasa cukup angkat dan dinginkan.
  3. Membuat saus/kuah Santan : campurkan santan dan garam. Kemudian rebus hingga campuran mendidih sambil terus diaduk-aduk, selanjutnya angkat dan sisihkan.
  4. Penyajian : ambil bubur lemu menggunakan pisau (membentuk lembaran tebal), lalu masukkan ke dalam mangkuk, siram bubur dengan saus/kuah gula dan saus santan. Kemudian tambahkan es batu dan sajikan dalam keadaan dingin. Untuk anda yang tidak suka disajikan dengan es batu, anda tidak perlu menyediakan es batu.
Nah anda sudah siap untuk menikmati sajian bubur lemu baik dingin atau biasa. Bahan resep di atas bisa disajikan untuk 4-5 orang. Nah semoga resep di atas bisa membantu dan sesuai dengan selera anda. Selamat mencoba dan selalu berkreasi.


Blog, Updated at: 04.42