Cara Membuat Bubur Tinutuan Khas Manado

Posted by

Menu Internasional - Masih membahas tentang menu masakan yang berbahan dasar beras, kali ini kita akan membuat bubur yang sangat menarik dengan nama Bubur Tinutuan atau Bubur Manado. Tinutuan ini merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Manado Sulawesi Utara. Namun beberapa orang menganggap bahwa tinutuan ini berasal dari daerah Minahasa. Tinutuan sendiri adalah percampuran berbagai macam sayuran, tanpa mengandung unsur daging atau hewani. Di tempat asalnya bubur ini dijadikan makanan pergaulan antar kelompok masyarakat di Manado. Umumnya tinutuan ini disajikan untuk sarapan pagi dengan berbagai bahan pelengkapnya. Untuk melihat menu bubur yang lain bisa anda lihat di menu masakan Aneka Bubur.

Tidak ada sejarah yang bisa menjelaskan mengenai kata tinutuan sendiri, bahkan sejak kapan tinutuan menjadi makanan khas Manado juga tidak diketahui dengan jelas. Namun beberapa orang menjelaskan bahwa tinutuan mulai menggeliat dan diperdagangkan di beberapa daerah di kota Manado sejak tahun 1970-an, ada juga yang mengatakan tinutuan mulai dikenal sejak 1980-an. Namun terlepas dari beberapa versi mengenai keberadaan tinutuan ini, sejak masa pemerintahan kepala daerah periode 2005-2010, moto kota Manado berubah dari Berhikmat menjadi Tinutuan. Pada periode tersebut pemerintah daerah meneapkan bahwa Wakeke yang berada di kecamatan Wenang menjadi lokasi wisata kuliner khas tinutuan.

Nah bagi anda yang suka masakan atau menu vegetarian bubur tinutuan sangat cocok untuk menjadi menu spesial ketika anda ke kota Manado. Namun kabarnya tinutuan sendiri telah mengalami variasi dengan tambahan ikan dan sebagainya. Bagi anda yang terlalu jauh atau tidak mungkin untuk datang ke Manado untuk menikmati makanan yang satu ini, kami akan memberikan alternatif paling mudah, yaitu membuatnya sendiri di rumah. Resepnya akan kami sediakan di Cara Membuat Bubur Tinutuan Khas Manado dalam artikel berikut ini. Yuk kita simak sama-sama.


Bahan-bahan :
  • 300 gram beras (dicuci hingga bersih)
  • 1,7 liter air
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai (digeprak atau dimemarkan)
  • 400 ml santan kental
  • 1 1/2 sendok makan garam
  • 200 gram labu kuning (dipotong bentuk dadu)
  • 200 gram ubi jalar (dipotong bentuk dadu)
  • 2 tongkol jagung manis (disisir dengan pisau)
  • 150 gram bayam (disiangi)
  • 75 gram daun melinjo
  • 5 tangkai daun kemangi (ambil daunnya saja)
Cara Membuat Bubur Tinutuan Khas Manado :
  1. Rebuslah beras menggunakan air beserta dengan daun salam dan serai hingga lunak, lalu tambahkan santan dan garam, kemudian aduk-aduk hingga rata dan biarkan hingga kembali mendidih. Selanjutnya masukkan potongan labu kuning dan ubi jalar, aduk-aduk kembali. Biarkan beberapa saat hingga labu dan ubi jalar matang.
  2. Selanjutnya masukkan jagung manis, daun bayam dan daun melinjo, aduk-aduk kembali hingga rata. Lanjutkan memasak terus menggunakan api kecil hingga campuran bahan bubur mengental. Masukkan juga daun kemangi aduk-aduk sebentar, angkat dan sajikan saat masih panas atau hangat.
Nah bubur tinutuan khas Manado sudah berhasil kita buat. Harapan kami bubur yang anda buat sesuai dengan selera anda. Bahan-bahan yang disediakan untuk membuat bubur di atas bisa untuk disajikan sebanyak 4 porsi makan. Sebagai akhir kata selalu kami ucapkan selamat mencoba dan selalu berkreasi.


Blog, Updated at: 11.30