Cara Membuat Kue Ku Asli Isi Kacang Hijau Rasa Mantap

Posted by

Menu Internasional - Hari ini kita akan kembali membuat resep kue tradisional. Kue Ku adalah nama kue yang akan kita jelaskan cara membuatnya. Namun sebelum sampai kepada resep kue ku ada baiknya anda mengetahui asal-usul kue nan cantik ini. Sebenarnya kue ku ini bukan merupakan makanan atau jajanan kue asli Indonesia, namun keberadaan kue ini memang sudah cukup lama dikenal dan dibuat di Indonesia. Kue Ku berasal dari makanan tradisional Tionghoa yang dibawa masuk ke Indonesia pada masa lalu. Namun keberadaannya saat ini masih sangat mudah di dapatkan. Nama kue ini sebenarnya adalah Ang Ku Kue. Ang berarti merah, Ku artinya kura-kura. Bentuknya sendiri memang agak bulat lonjong warna umumnya merah, jika dilihat sekilas ada relief layaknya tempurung kura-kura.

Kue Ku ini biasanya akan banyak kita lihat saat menjelang tahun baru Imlek, biasanya menurut budaya Tionghoa kue ini dibuat untuk sarana sembahyang, atau terkait dengan budaya Tionghoa yang lain. Hingga saat ini kue ku tidak hanya bisa dinikmati oleh orang Tionghoa saja karena kini sudah banyak kue ku yang dijual di pasar-pasar tradisional sebagai jajanan pasar tradisional. Jadi bagi anda yang kebetulan ingin menikmati kue ini dan dekat dengan pasar tradisional, coba cari saja biasanya mudah ditemukan. Namun anda harus teliti karena warna kue yang mencolok, mudah-mudahan yang anda beli tidak menggunakan pewarna yang tidak bagus, atau mengandung pengawet berlebihan. Namun disamping itu kue ini memang sangat menarik dari bentuk fisik maupun rasanya.

Dari sisi warna kue ini kini sudah banyak sekali variasinya, ada warna hijau dan banyak warna yang lain, bahkan ada yang dibuat dengan variasi tiga warna. Isi dari kue ini juga bermacam-macam, ada yang berisi kacang hijau, ada yang berisi kentang, ada juga yang berisi kacang tanah yang di halus kan. Semua tergantung pada selera si pembuatnya, namun yang aslinya adalah berisi kacang hijau. Kue Ku ini dalam budaya Tionghoa melambangkan berbagai macam aspek seperti lambang kebahagiaan, kekuatan dan kemakmuran yang diwakili dengan warna merah. selain itu kue ini juga bisa melambangkan panjang umur dan keabadian, hal ini bisa dilihat dari bentuk kura-kura yang dikenal berumur panjang.

Cara Membuat Kue Ku Asli Isi Kacang Hijau Rasa Mantap

Nah setelh banyak penjelasan yang bisa diambil dari kue Ku ini, kini saatnya memberikan yang anda tunggu-tunggu yaitu resep spesial yang segera akan kami bagikan. Resep kita kali ini akan kami bagikan di Cara Membuat Kue Ku Asli Isi Kacang Hijau Rasa Mantap. Yuk kita simak sama-sama resepnya berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 300 gram tepung ketan
  • 75 gram gula halus
  • 250 ml air hangat
  • 1/4 sendok teh garam
  • Perwarna merah makanan secukupnya
  • Daun pisang secukupnya
Bahan isi :
  • 200 gram kacang hijau kupasan (direndam selama 4 jam dan tiriskan)
  • 100 gram gula halus
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili
Cara Membuat Kue Ku Asli Isi Kacang Hijau Rasa Mantap :
  1. Membuat isi kue : Rebus kacang hijau hingga matang, campur kacang hijau dengan gula halus, garam dan vanili, lalu tumbuk campuran tersebut hingga halus.
  2. Membuat kulit kue : campur tepung ketan dengan gula halus dan garam, lalu aduk-aduk hingga rata. Kemudian  tuangkan air sedikit demi sedikit, aduk-aduk adonan tersebut hingga kalis, selanjutnya tambahkan pewarna kue secukupnya.
  3. Ambil satu sendok makan adonan kulit, berilah isi kacang hijau ditengah nya, lalu cetak lah adonan dan isi menggunakan cetakan kue ku yang sudah ditaburi dengan tepung ketan dan di beri alas daun pisang. Kukuslah kue adonan tersebut hingga matang, lalu angkat.
Nah kue ku asli sudah selesai dibuat dan siap untuk digunakan dalam berbagai keperluan atau untuk dimakan sebagai cemilan. Untuk bahan-bahan yang sudah disediakan diatas bisa menghasilkan 18 buah kue ku. Sebagai akhir kata tak lupa kami ucapkan selamat mencoba dan tetap berkreasi.

Note : 
  • Untuk menghasilkan kue yang gurih, ganti air hangat dengan santan.
  • Saat mengukus kue jangan sering buka tutup kukusan dan lapisi tutup denga kain agar air tidak mengenai adonan.
  • Agar terlihat lebih cantik dan mengkilap olesi kue yang sudah matang dengan minyak.


Blog, Updated at: 09.09