Cara Membuat Bubur Sambal Tumpang Khas Jawa Tengah Sedap Nikmat

Posted by

Menu Internasional - Masakan apa yang biasa anda makan untuk menu sarapan kala ibu-ibu di rumah sedang tidak masak? Umumnya menu sarapan yang banyak disukai adalah jenis bubur, karena bubur yang lembut sangat baik untuk dikonsumsi sebagai sarapan. Hal ini akan memudahkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan tersebut. Ada banyak sekali jenis bubur yang disukai untuk menu sarapan. Misalnya saja bubur sup ayam yang di beberapa daerah sangat banyak peminatnya. Ada juga bubur sumsum dan banyak lagi. Namun kali ini kami akan membagikan resep bubur yang agak berbeda dari kebanyakan bubur yaitu resep bubur tumpang. Agak asing ya mendengar nama ini? Ya karena bubur tumpang atau lebih tepatnya disebut bubur sambel tumpang ini umumnya banyak dijual di daerah Jawa Tengah. Buurnya biasa terbuat dari nasi, namun pelengkapnya menggunakan sambal tumpang yang dibuat dari bahan tempe semangit.

Nah yang jadi pertanyaan sekarang adalah apa itu tempe semangit? Jenis tempe macam apa yang bisa disebut tempe semangit? Tempe semangit itu adalah tempe kedelai biasa yang sudah kadaluarsa, atau istilahnya sudah lewat masa fermentasinya atau sudah melewati masa bagus untuk dikonsumsi. Jika di Jawa tempe semacam ini disebut tempe busuk atau tempe bosok. Namun jangan salah justru tempe yang begini adalah bahan utama untuk membuat sambel tumpang. Jangan salah menilai bahwa tempe semangit itu tidak baik dikonsumsi atau tidak enak, jika ada yang bilang demikian jangan salahkan artikel saya kalau anda ketagihan setelah mencobanya. Saya sendiri pernah membuat sambal tempe semangit dan nikmatnya bikin pengen nambah. Ada sensasi tersendiri dari aroma tempe semangit yang begitu tercium mampu menambah selera makan, kalau yang ini berdasarkan pengalaman saja.

Nah untuk membuat bubur sambel tumpang tidaklah sulit, sama seperti membuat bubur yang lain, baik bumbu-bumbu maupun bahan yang digunakan. Yang membedakan disini adalah sambel tumpang itu sendiri. Ada cara khusus membuat sambel tumpang namun sangat mudah, nanti akan kami bagikan resep lengkapnya cara membuat sambal tumpang, untuk kali ini hanya cara singkatnya saja. Nah bagi anda yang ingin membuat bubur tumpang atau bubur sambal tumpang untuk menu sarapan anda bisa mencoba resep sederhana yang akan kami sajikan berikut ini, semoga membantu.

Cara Membuat Bubur Sambal Tumpang Khas Jawa Tengah Sedap Nikmat

Bahan-bahan bubur:
  • 250 gram beras
  • 1 sendok makan garam
  • 3 lembar daun salam
  • 1,7 liter air

Bahan sambal tumpang :
  • 150 gram tempe semangit (ditumbuk kasar)
  • 75 gram parutan kelapa
  • 150 santan (dibuat dari 1/4 butir kelapa)

Bumbu yang dihaluskan :
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 8 cabai merah keriting
  • 2 cm kencur
  • 1/2 sendok teh terasi matang
  • 1 1/2 sendok teh gula merah (disisir/iris tipis)

Cara membuatnya :
  1. Bubur : Campurkan beras dengan 1 sendok makan garam, daun salam dan 1,7 liter air, masak hingga nasi menjadi bubur yang lembut, segera angkat dan sisihkan.
  2. Sambal tumpang : Campur tempe semangit, parutan kelapa, serta bumbu-bumbu yang telah dihaluskan, aduk-aduk semua bahan yang dicampur hingga merata. Masukkan santan dan masak di atas api sedang, sambil sesekali di aduk hingga tercium aroma harum dan santan mulai mengental, angkat.
  3. Penyajian : Sajikan bubur dengan campuran sambal tumpang dan bahan pelengkap yang anda suka.

Nah sajian sarapan dengan menu bubur sambal tumpang sudah selesai kami buatkan untuk anda. Sudah siap untuk mencoba? Menu di atas bisa disajikan untuk empat orang anggota keluarga anda. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.


Blog, Updated at: 16.04