Resep Cara Membuat Tempe Mendoan Khas Banyumasan

Posted by

Menu Internasional - Setelah masak tahu kini kita beralih ke makanan tradisional khas yang tak kalah mantap dengan resep sebelumnya, namun dengan bahan yang berbeda. Kali ini kita ambil bahan yang hampir sama, murah meriah terbuat dari kedelai yaitu tempe. Salah satu makanan dari tempe yang juga tak kalah banyak penggemarnya adalah tempe mendoan, sudah tau kan makanan apa yang akan kami buat saat ini? Benar kami akan membagikan resep tempe mendoan. Jika kita merujuk dari nama makanan ini sudah jelas bahwa makanan ini berasal dari daerah sekitar Banyumas dan sekitarnya. Kata mendoan yang berasal dari bahasa setempat mengandung arti setengah matang, yang jika diartikan dalam dunia memasak bisa berarti menggoreng dengan minyak yang banyak dengan waktu singkat.

Mendoan sendiri di wilayah Jawa Tengah memiliki perbedaan arti, jika di daerah Banyumas dan sekitarnya mendoan memiliki arti seperti tertulis di atas, namun di daerah semarang dan beberapa kota lain di Jawa Tengah menyebut mendoan sebagai tempe yang digoreng dengan dibalut tepung seperti biasa, atau sering disebut tempe kemul atau tempe goreng tepung biasa. Yang membuat berbeda adalah tempe mendoan umumnya dinikmati saat hangat dengan campuran sambal kecap pedas yang mantap. Nah dengan cara khas menikmati tempe mendoan ini sekaligus membuat tempe mendoan saat ini tidak hanya terkenal di Jawa Tengah saja, namun kini sudah merambah hingga ke Jakarta dan wilayah Nusantara.

Memang tak heran jika tempe mendoan menjadi makanan atau jajanan Nusantara yang banyak penggemarnya, sebab di samping rasanya yang memang nikmat, sambal yang melengkapinya juga membuat rasa dari jajanan tradisional ini menjadi makin sedap di lidah. Nah dengan makin banyaknya pecinta tempe mendoan makin banyak pula yang penasaran seperti apa sebenarnya tempe mendoan itu jika dinikmati saat udara dingin. Jika sudah makin penasaran yang bisa anda lakukan ya membuatnya sendiri dirumah. Jangan lupa juga coba resep tahu tek pada artikel sebelumnya. Dan segera saja anda ikuti resep tempe mendoan khas Banyumas yang berikut ini.


Bahan-bahan :
  • 8 lembar tempe khusus untuk mendoan (bisa iris sendiri setipis mungkin)
  • 1 batang daun bawang (iris/cincang halus)
  • 250 gram tepung terigu
  • 300 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu :
  • 8 butir bawang merah (haluskan)
  • 2 butir bawang putih (haluskan)
  • 1/2 sendok teh ketumbar (sangrai lalu haluskan)
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu instan (hanya jika suka)

Cara membuatnya :
  1. Campurkan tepung terigu bersama dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan, lalu tambahkan daun bawang dan beri air, kemudian aduk campuran tersebut hingga rata. Selanjutnya celupkan tempe ke dalam adonan tepung dan bumbu tersebut.
  2. Goreng tempe yang sudah dibalut adonan tepung ke dalam minyak panas yang banyak hingga berwarna kuning kecoklatan, lalu segera angkat di ditiriskan. Sajikan  tempe mendoan selagi hangat dengan cabe rawit atau sambal kecap pedas.

Mudah dan sederhana membuatnya, namun kaya dalam hal citarasa. Kuliner tradisional Nusantara memang tak akan pernah habis dibahas. Selamat mencoba dan teruslah berkreasi.


Blog, Updated at: 01.17