Resep Cara Membuat Ketan Serundeng Khas Betawi

Posted by

Menu Internasional - Selamat gini hari ya para pecinta kuliner, pokoknya kalau udah ngomongin soal kuliner ga akan habis untuk dibahas. Apalagi jika yang dibahas adalah kuliner Nusantara yang alamak, banyak banget deh jenisnya, jari orang se RT juga ga bakalan muat buat menghitungnya. Salah satu yang akan kita buat kali ini adalah resep ketan serundeng. Makanan apalagi ini? Eh jangan salah duga dulu ya, jangan lihat makanan dari namanya, namanya yang sederhana sama seerhananya dengan tampilan makanan tradisional ini. Namun jika sudah masuk mulut dan dirasakan dengan indra pengecap yang sensitif, makanan sederhana itu akan memberikan kejutan rasa yang tiada bandingnya.

Membicarakan ketang serundeng mengingatkan pada kue tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan sekitarnya yaitu kue lemper. Lemper terbuat dari ketang yang biasanya juga diisi dengan serundeng. Perbedaan antara lemper dan ketan serundeng adalah, jika lemper dibungkus dengan daun pisang, ketan serundeng tidak dibungkus, namun disajikan dengan taburan serundeng di atas lemper tersebut. Jika dilihat dari beberapa pendapat yang mengatakan tentang ketan serundeng, ketan serundeng ini berasal dari daerah Betawi. Benar atau tidaknya keterangan itu saya sendiri kurang tahu. Yang pasti dari makanan tradisional ini adalah memiliki cita rasa yang mantap.

Untuk membuat ketan serundeng yang nikmat memang tidak sulit. Namun untuk membuatnya anda harus sedikit sabar agar makanan yang anda buat benar-benar nikmat dan sesuai dengan selera anda. Sebagai makanan tradisional makanan ini masih terjaga kelestariannya di beberapa tempat, jadi jangan sampai makanan sederhanan nan nikmat warisan dari leluhur ini hilang ditelan jaman ya. Nah bagi anda yang sudah kepingin untuk membuat makanan yang nikmat dari bahan ketan dan serundeng kelapa ini, silahkan anda simak resep ketan serundeng yang berikut ini.

Resep Cara Membuat Ketan Serundeng Khas Betawi

Bahan-bahan :
  • 250 gram beras ketan
  • 100 ml santan kelapa
  • 1/2 sendok teh kunyit bubuk/parutan kunyit
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1/2 butir kelapa (kupas kulit arinya, parut halus dan sangrai hingga kecoklatan)

Bumbu yang dihaluskan :
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/2 sendok teh garam
  • 5 buah cabai merah
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 3 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas (dimemarkan)

Cara membuatnya :
  1. Kukuslah ketan hingga setengah matang, sambil menunggu campurkan santan, bubuk kunyit dan daun jeruk, lalu didihkan. Jika sudah mendidih, tuangkan air campuran tersebut ke dalam kukusan ketan. Aduk-aduk campuran tersebut lalu lanjutkan mengukus hingga ketan matang, lalu segera saja diangkat.
  2. Selanjutnya campurkan kelapa parut dengan bumbu yang sudah dihaluskan, lalu panaskan dengan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk hingga kering, tercium aroma harum dan berwarna kecoklatan, lalu angkat.
  3. Siapkan ketan, boleh dibentuk atau dicetak sesuai selera. Sajikan dengan taburn serundeng di atas ketan.

Nah sangat mudah sekali bukan membuat makanan tradisional ini. Selain gampang resep di atas juga bisa jadi 10 buah ketan serundeng. Tunggu apalagi segera saja anda buat kreasi anda. Selamat mencoba dan teruslah berkreasi.


Blog, Updated at: 00.52