Resep Cara Membuat Mangut Kepala Manyung Khas Semarang

Posted by

Menu Internasional - Akhir pekan ini kami mengajak anda untuk membuat dan menikmati masakan tradisional khas dari Jawa Tengah. Anda penyuka gulai atau masakan berkuah kental? Tidak salah kami juga akan memberikan resep gulai dengan kuah yang tidak terlalu kental namun juga tidak meninggalkan citarasa khas gulai tersebut. Kami akan memberikan resep mangut khas Jawa Tengah yang nikmat mantap sekaligus mak nyos karena citarasa pedasnya juga sangat mantap. Mangut merupakan sejenis gulai namun dengan kuah yang lebih encer atau tidak terlalu kental. Isi dari mangut ini umumnya adalah ikan laut yang biasanya adalah ikan pari yang sudah diproses dengan pengasapan.

Yang perlu diingat bahwa mangut memiliki dua varian yang sekaligus membedakan tekstur dari kedua jenis mangut tersebut. Mangut di daerah Jawa Tengah dikenal sebagai mangut pesisir utara yang sangat umum menggunakan bahan ikan pari atau bisa juga kepala ikan manyung dengan kuah encer dan citarasa pedas. Sedangkan untuk mangut yang dikenal di daerah selatan jauh dari pesisir biasanya kuah lebih sedikit kental dengan warna kuning kunyit yang lebih pekat dan yang sekaligus membedakan adalah isi mangut lebih sering menggunakan ikan air tawar seperti ikan mas dan lain sebagainya. Baik mangut dari daerah pesisir maupun yang dari daerah selatan memiliki citarasa yang sama meskipun berbeda tekstur maupun bahan utamanya.

Mengisi waktu akhir pekan dengan memasak bukan berarti kehilangan kesenangan, bahkan akhir pekan bersama keluarga dengan kegiatan memasak bersama akan lebih menyenangkan daripada berjibaku dengan kemacetan lalu lintas dan panasnya cuaca. Selain itu memasak bersama juga bisa mendekatkan diri bersama seluruh keluarga bukan? Nah dengan penjelasan di atas mungkin anda tertarik untuk membuat masakan mangut ini, untuk itu segera saja anda simak resep yang akan kami bagikan berikut ini.

Resep Cara Membuat Mangut Kepala Manyung Khas Semarang

Bahan-bahan :
  • 1 kepala ikan manyung asap (pilih yang besar, belah menjadi dua)
  • Santan secukupnya (dari parutan 1 butir kelapa)
  • Bumbu-bumbu :
  • 4 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit (sebesar kelingking)
  • 2 ruas kencur (sebesar kelingking)
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 ons Cabai rawit
  • 4 lembar daun jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok teh terasi
  • 1 liter air

Cara membuatnya :
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, kencur dengan ditumbuk hingga halus, lalu tumislah bumbu tersebut dengan menggunakan sedikit minyak. Selanjutnya tambahkan air ke dalam tumisan bumbu tersebut. Aduk-aduk campuran bumbu tersebut sebentar saja lalu masukkan kepala ikan manyung asap ke dalam bumbu.
  2. Masukkan lengkuas, daun jeruk nipis, ketumbar, cabai rawit, dan terasi. Kemudian masukkan juga santan. Kecilkan api, lanjutkan memasak sambil sesekali diaduk-aduk agar santan tidak pecah, lakukan hal ini sambil menunggu hingga mendidih. Jika sudah mendidih segera angkat.
  3. Mangut sudah siap disajikan dengan nasi selagi hangat.

Nah mudah sekali bukan? Kini anda sudah bisa membuatnya sendiri di rumah dengan citarasa yang mungkin lebih mantap dan sedap. Semoga resep yang kami bagikan berguna bagi anda. Selamat mencoba dan terus berkreasi.


Blog, Updated at: 15.07