Resep Cara Membuat Bakpao Isi Ayam Spesial

Posted by

Menu Internasional - Bagi sebagian besar masyarakat kita pasti sudah pernah menikmati makanan yang benama bakpao. Makanan sejenis kue basah berwarna putih dengan isian di dalamnya ini sangat enak dan mampu mengenyangkan. Nah dengan menyebut nama bakpao, sudah jelas bahwa hari ini kami akan memberikan resep bakpao isi ayam untuk anda semua. Di negara kita sudah mengenal bakpao dalam waktu yang sudah sangat lama. Makanan yang terkenal ini merupakan makanan tradisional orang Tionghoa yang sudah di adaptasi oleh masyarakat Nusantara dan hingga kini masih sangat banyak di jumpai. Bahkan tidak sedikit orang yang menjajakan makanan khas yang satu ini.

Bakpao yang lazim menggunakan daging sebagai bahan isian, hal ini sesuai dengan namanya bakpao yang berarti isi daging. Namun selain daging beberapa varian dar bakpao tidak serta merta berisi daging, namun ada juga yang berisi sayuran, srikaya, atau juga kacang hijau. Semua masakan bakpao apapun jenisnya pasti akan disukai, karena masing-masing orang memiliki selera masing-masing. Dengan adanya banak varian dari bakpao sendiri akan memberikan banyak pilihan bagi para penggemar makanan tradisional Tionghoa tersebut.

Namun meskipun banyak pilihan atau varan dari bakpao itu sendiri, kali ini kami akan memberikan resep bakpao yang berisi daging ayam. Jadi bagi anda yang tidak suka daging ayam bisa membuatnya dengan cara yang sama namun dengan isian berbeda sesuai dengan selera anda masing-masing. Untuk anda yang kebetulan sedang ingin membuatnya berikut ini adalah resep bakpao isi ayam untuk anda semua.

Resep Cara Membuat Bakpao Isi Ayam

Bahan-bahan :
  • 500 gram terigu serbaguna
  • 8 gram ragi instan
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 250 ml air hangat
  • 2 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)
  • 300 gram daging ayam (dicincang halus)
  • 1 sendok teh cuka beras
  • 2 sendok teh minyak wijen
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan kecap manis
  • Garam secukupnya

Cara membuat :
  1. Campurkan terigu bersama dengan gula pasir, ragi instan dan minyak goreng. Lalu beri campuran tersebut air, keudian remas-remas dan uli campuran bahan tersebut hingga kalis. Jika sudah kalis masukkan adonan tersebut ke dalam baskom dan tutup menggunakan kain lembab. Taruh adonan tersebut di tempat yang hangat selama kira-kira 30 menit dan diamkan adonan tersebut mengembang hingga dua kali ukuran awalnya. Jika sudah remas-remas dan uleni lagi adonan tersebut selama 15 menit. Selajutnya bagi adonan tersebut menjadi 12 bagian, dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak dalam wajan, lalu tumis daging ayam cincang, beri cuka beras, minyak wijen, garam, gula, saus tiram dan kecap manis. Kemudan aduk-aduk campuran bahan tersebut hingga rata, lanjutkan memasak hingga ayam menjadi matang. Segera angkat bahan untuk isian tersebut dan bagi menjadi 12 bagian.
  3. Ambil satu bagian adonan kulit bakpa, pipihkan dan beri isian ayam. Jika sudah terisi lipat bagian adonan ke atas dan rekatkan hingga rapat, alasi adonan yang sudah berisi dengan kertas roti. Lakukan hal serupa hingga 12 adonan selesai dibuat. Selanjutnya kukus adonan yang sudah diisi selama 15 hingga 20 menit, lalu angkat. Bakpao siap disajikan bersama saus sambal pedas.

Demikian resep bakpao ayam yang bisa kami bagikan untuk anda. Seperti yang dijelaskan di atas, bahan yang digunakan bisa menghasilkan 12 buah bakpao. Selamat mencoba dan berkreasi.


Blog, Updated at: 23.20