Resep Cara Membuat Sayur Daun Katuk Masak Santan

Posted by

Menu Internasional - Selamat datang kembali dengan menu resep yang akan memanjakan lida anda semua. Kali ini kami akan memberikan resep masakan dengan bahan sayur yang tentu saja tidak hanya nikmat, namun sekaligus menyehatkan anda semua. Resep sayur daun katuk masak santan adalah resep yang akan kami bagikan kali ini. Bagi orang yang lama tinggal di Indonesia pastinya mengenal daun katuk. Daun yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara ini sudah lama dikenal sebagai sayuran yang sangat banyak manfaatnya. Manfaat yang sangat terkenal hingga sekarang adalah bahwa daun katuk mampu memperlancar aliran air susu ibu (ASI). Bagi anda yang tidak pernah mengenal daun katuk anda bisa bertanya ke tetangga anda pasti akan segera mendapatkan jawabannya.

Sayuran berdaun kecil ini biasanya tumbuh dengan ketinggian antara dua sampai tiga meter. Memiliki daun kecil-kecil berwarna hijau gelap, memiliki bunga berwarna merah atau kuning dengan bercak merah. Tanaman sayur ini bisa berbunga sepanjang tahun. Selain memperlancar ASI daun katuk juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Dalam hal ini daun katuk memiliki kandungan protein hingga 7% dan serat hingga 19%. Selain itu daun katuk juga mengandung vitamin K, selain juga mengandung pro-vitamin A (betakarotena), vitamin B, dan vitamin C. Sedangkan kandungan mineral di dalam daun katuk antara lain mengandung tinggi kalsium, zat besi, kalium, fosfor dan juga magnesium.

Nah dari berbagai penjelasan tentang kandungan vitamin dan mineral dari daun katuk, anda bisa mengolah daun katuk menjadi berbagai macam masakan. Seperti hal nya kangkung bisa di tumis dan sebagainya. Namun pada kesempatan kali ini kami akan memberikan resep daun katuk yang dimasak santan. Masakan ini akan meberikan sensai nikmat dan gurih yang berasal dari santan yang digunakan. Masakan ini juga menggunakan kacang merah sebagai tambahan. Untuk resep kacang merah bisa anda lihat di resep sayur kacang merah.

Resep Cara Membuat Sayur Daun Katuk Masak Santan

Nah untuk anda yang kebetulan pecinta daun katuk sebagai sayuran, kini saat nya anda segera mencoba resep yang akan kami berikan berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 150 gram daging tetelan (potong sesuai selera)
  • 750 ml air (untuk merebus daging)
  • 350 ml santan (tidak terlalu kental)
  • 2 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)
  • 125 gram kacang merah (direbus)
  • 2 ikat daun katuk (ambil daun nya saja)
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm jahe (geprak/memarkan)

Bumbu yang dihaluskan :
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 3 buah cabai merah keriting

Cara membuatnya :
  1. Rebus potongan daging tetelan hingga daging enjadi empuk. Jika sudah empuk segera angkat dagingnya lalu saring sisa kaldu untuk merebus. Kembali didihkan sisa kaldu rebusan dan dagingnya menggunakan api kecil.
  2. Panaskan minyak goreng, lalu tumislah bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan daun salam dan jahe hingga harum dan matang. Selanjutnya angkat bumbu tersebut dan masukkan ke dalam rebusan kaldu yang sudah mendidih.
  3. Kemudian tuangkan santan dan masukkan juga kacang merah (sudah direbus sebelumnya). Masaklah hingga bumbu meresap. Terakhir masukkan daun katuik ke dalam campuran, lalu lanjutkan memasak hingga daun katuk matang, lalu segera angkat dan sayur daun katuk siap disajikan.

Note : jika anda tidak suka daging bisa diganti dengan bahan lain seperti tempe atau tahu atau ikan sesuai selera anda.

Demikian resep membuat sayur daun katuk masak santan. Semua bahan yang digunakan bisa disajikan bagi empat orang anggota keluarga anda. Selamat mencoba dan terus berkreasi.


Blog, Updated at: 15.33