Resep Cara Membuat Kue Intip (kue Lindre) Renyah dan Gurih

Posted by

Menu Internasional - Anda tau intip? Bukan ngintip (mengintip) ya, intip ini merupakan kerak nasi yang tersisa di dasar periuk atau panci saat menanak nasi secara tradisional. Biasanya intip ini dimakan untuk sarapan (kalau saya dulu), atau hanya dibiarkan saja untuk kemudian dikasih makan untuk ayam. Ternyata intip bernilai ekonomis tinggi lho. Resep kue intip yang nanti akan kami bagikan bisa anda coba di rumah. Kue ini memang serasa sederhana karena hanya terbuat dari sisa makanan yang umumnya hanya dibuang atau untuk makanan ternak unggas. Namun kini kue intip telah menjadi sumber penghasilan bagi sebagian orang yang kreatif.

Budaya kuliner yang tidak terduga memang hasil dari daya kreativitas seseorang dalam memanfaatkan bahan makanan yang dipunyainya. Bahkan dari makanan yang dianggap sisa seseorang bisa meraih keuntungan. Bahan makanan sisa di sini bukan berarti sisa makanan yang sudah basi, namun sisa-sisa memasak yang masih baik untuk dijadikan makanan lain. Kue intip ini kini banyak dijual sebagai oleh-oleh yang kebanyakan ada di daerah Jawa Tengah. Memang serasa sederhana namun sensasi saat menikmati intip goreng ini biasanya membuat kangen.

Jika dulu awalnya kita mengambil intip sebagai sisa menanak nasi, kini saat intip menjadi barang komersiil sudah di produksi secara massal, artinya tidak harus menanak nasi dulu untuk mendapatkan intip. Proses nya sudah lebih cepat dan mampu menghasilkan banyak intip dalam waktu yang sebentar. Ukuran dari kue intip juga bermacam-macam, ada yang kecil hingga yang sangat besar. Rasanya bisa di variasi berdasarkan selera masing-masing. Jika mengingat kue intip kita juga akan teringan dengan kue rengginang yang secara tampilan hampir sama.

Resep Cara Membuat Kue Intip (kue Lindre) Renyah dan Gurih

Nah untuk anda yang ingin membuat kue intip atau kue lindre, segera saja siapkan bahan dan peralatan. Membuat kue ini sangat mudah dan anda bisa langsung mempraktekkan dengan mengikuti resep yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 500 gram tepung beras (diayak)
  • 500 gram kelapa agak tua (diparut memanjang)
  • 2 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh garam
  • 500 ml air hangat

Saus gula :
  • 250 gram gula merah
  • 200 ml air

Catatan : Gunakan wajan khusus untuk membuat linder/kue intip, wajan tidak untuk memasak masakan yang lainnya.

Cara membuatnya :
  1. Campurkan tepung beras bersama dengan garam dan parutan kelapa, aduk-aduk campuran bahan tersebut hingga rata. Kemudian beri sedikit air, sambil diaduk lagi hingga rata.
  2. Panaskan wajan tanah liat, olesi permukaan wajan menggunakan kemiri. Ambil satu sendok sayur adonan, lalu tuangkan ke dalam wajan, ratakan melebar dan tipis. Masak hingga kering dan matang, lalu angkat.
  3. Membuat saus gula merah : masak air dan gula merah hingga cairan air mengental, lalu segera angkat.
  4. Siram kue intip yang sudah digoreng tadi menggunakan saus gula merah.

Nah itu kue intip nya sudah jadi dan siap dikonsumsi. Semua yang ada pada bahan di atas bisa untuk dinikmati oleh lima orang. Anda sudah siap? Selamat mencoba dan teruslah berkreasi.


Blog, Updated at: 14.16