Resep Cara Membuat Kue Lapek Bugih Khas Sumatra Barat

Posted by

Menu Internasional - Jika kita mengingat kota Padang kita pasti akan mengingat rumah makan Padang yang banyak tersebar di seluruh wilayah tanah air. Namun selain itu kami juga akan memberikan resep kue lapek bugih atau lepat bugis yang merupakan salah satu makanan tradisional asal Sumatra Barat. Kue ini sebenarnya hampir sama dengan kue bugis di Betawi atau kue mendut di Jawa Tengah. Namun tentu saja lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikan nya. Artinya masing-masing daerah memiliki ciri khas masing-masing dalam hal makanan sekalipun. Jika di Jawa bahan isian enten dibuat dengan campuran gula merah, sedangkan di Sumatra Barat dicampur dengan gula pasir. Perbedaan yang lain jika di Jawa menggunkan tepung ketan putih di Sumatra menggunakan tepung ketan hitam dan ketan putih. Seperti hal nya makanan khas Sumatra Barat yang lain santan sangat dominan dalam pembuatan kue ini.

Itulah uniknya kue tradisional Nusantara, semua mengikuti tradisi daerah masing-masing. Dengan adanya perbedaan tersebut justru semakin memperkaya budaya kuliner Nusantara. Yang unik lagi adalah kue bugis yang ada di Jakarta biasanya dimasak dahulu sampai matang baru di bungkus. Nah prosesnya saja juga berbeda-beda yang di setiap daerahnya. Nah kembali lagi ke kue lapek bugih khas Sumatra Barat, kue ini ternyata tidak hanya menggunakan bahan dasar ketan hitam, namun juga menggunakan bahan beras ketan putih. Jadi kedua bahan tersebut digabung menjadi satu dalam satu bungkus. Hal ini tidak hanya membuat tampilan kue tampak cantik saja, namun sekaligus memberikan sensasi rasa yang unik akibat percampuran ketan hitam, ketan putih dan bahan isian berupa enten yang pastinya sangat nikmat di lidah.

Resep Cara Membuat Kue Lapek Bugih Khas Sumatra Barat

Nah makin penasaran kan bagaimana ya hasilnya nanti? Saya sendiri juga penasaran, namun jangan khawatir, kami akan selalu memberikan obat penasaran anda dengan resep yang bisa membuat anda langsung mahir membuat kue lapek bugis ini. Karena selain bahannya cukup mudah, proses membuatnya juga tidak sulit. Ya sudah jika sudah tidak sabar, mari kita simak resepnya berikut ini. Untuk resep kue yang hampir sama silahkan simak juga resep kue bugis ketan hitam.

Bahan-bahan :
  • 500 ml santan (hasil parutan 1/2 butir kelapa)
  • 1/4 sendok makan garam
  • 300 gram tepung ketan hitam
  • 100 gram tepung ketan putih
  • Daun pisang secukupnya (untuk membungkus kue)

Bahan isi :
  • 1/2 butir kelapa tua (diparut)
  • 100 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan (buat simpul)
  • 50 ml air
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan margarin

Bahan areh :
  • 350 ml santan kental (hasil parutan 1/2 butir kelapa)
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuatnya :
  1. Masak santan dan garam terlebih dahulu hingga mendidih, lalu angkat. Tuangkan santan tersebut ke dalam tepung ketan hitam dan ketan putih. Aduk-aduk hingga rata dan sisihkan.
  2. Membuat isi : Masak parutan kelapa bersama dengan gula pasir dan daun pandan, tuangi air, lalu aduk-aduk hingga berserabut. Masukkan garam dan margarin, lanjutkan memasak lagi hingga matang, kemudian angkat.
  3. Membuat areh : didihkan santan bersama garam, masukkan tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air, lalu masak hingga mengental dan angkat.
  4. Ambil adonan ketan secukupnya, pipihkan, lalu beri isian dan bulatkan adonan hingga bahan isi tertutup. Letakkan adonan di atas daun pisang, kemudian beri areh. Bungkus adonan membentuk kerucut, kukus hingga matang dan angkat.

Nah jadi sudah resep kue lapek bugih khas Sumatra Barat. Hasilnya bisa untuk 16 buah kue. Anda siap untuk mencobanya di rumah? Selamat mencoba dan terus berkreasi.


Blog, Updated at: 22.44