Resep Cara Membuat Kue Mochi Kacang Khas Sukabumi

Posted by

Menu Internasional - Kali ini kami dengan senang hati akan membagikan resep kue tradisional Nusantara yang sangat terkenal hingga saat ini. Resep kue mochi adalah pilihan yang baik untuk kesempatan hari yang baik pula. Kue mochi di Indonesia yang paling terkenal adalah kue mochi asal kota Sukabumi. Kue ini memiliki bentuk bulat kecil dengan tekstur yang lembut dan biasanya berisi adonan kacang, namun ada juga yang tidak diberi isi sama sekali. Selain di Indonesia negara lain yang juga mengenal mochi adalah Jepang. Kata mochi sendiri berasal dari sebutan mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang, akan tetapi saat ini kue mungil ini bisa dinikmati sepanjang tahun di Jepang tanpa harus menunggu tahun baru.

Kue mochi yang ada di Indonesia seperti yang dijelaskan di atas memiliki dua jenis yang berbeda. Satu kue mochi dengan isi kacang atau adonan kacang basa disebut dengan nama mochi saja. Sedangkan jenis yang kedua adalah yang tidak diisi sama sekali, kue ini sering disebut dengan nama kiathong. Salah satu yang membuat kue ini unik dan terkenal adalah dibuat tanpa pewarna dan sekaligus tanpa pengawet. Dengan pembuatan seperti itu kelebihannya adalah aman di konsumsi, kelemahannya adalah kue tidak bisa bertahan dalam waktu lama. Untuk resep kue mochi yang lain kunjungi resep kue mochi kacang wijen.

Jadi yang paling penting untuk diperhatikan adalah buatlah kue mochi sesuai kebutuhan, sehingga tidak sia-sia apabila tersisa dalam jumlah banyak. Satu lagi yang juga penting adalah apabila anda berhasil kirimi saya hasilnya :). Untuk itu yuk kita lihat resep berikut ini. 

Resep Cara Membuat Kue Mochi Kacang Khas Sukabumi

Bahan-bahan :
  • 400 gram tepung ketan
  • 550 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 150 ml snatan kelapa kental
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram enting (gula kacang, haluskan)
  • 100 gram tepung kanji (disangrai)

Cara membuatnya :
  1. Campurkan tepung ketan dan setengah bagian air yang disiapkan, lakukan sambil di uleni hingga adonan menjadi kalus. Kemudian bungkus adonan tadi menggunakan kain yang bersih dan peras adonan hingga kering. Tuangi lagi menggunakan sisa air dan lakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Jangan buang air perasan, takar sisa perasan sebanyak 150 ml, lalu sisihkan.
  2. Didihkan santan bersama dengan gula pasir dan air sisa perasan tepung ketan. Jika sudah mendidih angkat dan biarkan menjadi hangat. Kemudian tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit ke dalam adonan ketan sambil di uleni hingga kalis kembali. Selanjutnya kukus adonan ketan menggunakan pinggan tahan panas dan beri alas menggunakan selembar aluminium foil. Kukus selama kurang lebih 30 menit hingga tepung menjadi liat.
  3. Jika sudah ambil adonan masing-masing 15 gram saat masih panas. Buatlah pipihan dari adonan dan isi dengan enting yang sudah dihaluskan. Buatlah bentuk bulat dan gulingkan kue mochi di atas tepung sagu yang telas disangrai sebelumnya.

Nah kue moci sudah siap anda nikmati untuk berbagai keperluan. Bahan yang tersedia bisa dibuat menjadi 16 buah kue mochi. Selamat mencoba dan tetap berkreasi


Blog, Updated at: 00.26