Resep Cara Membuat Kue Rengginang Renyah dan Gurih

Posted by

Menu Internasional - Saya sedang suka membuat resep makanan tradisional, jadi kali ini juga masih akan membagikan resep kue tradisional yang masih digemari hingga saat ini. Nah dihari yang panas ini kami akan membagikan lagi satu makanan tradisional yang akan kami berikan melalui resep kue rengginang. Kue rengginang merupakan kue tradisional termasuk kue kering yang sangat mudah sekali membuatnya. Namun meskipun mudah membuat kue rengginang sangat butuh kesabaran, artinya anda tidak bisa langsung membuat rengginang langsung jadi karena masih perlu proses penjemuran agar hasilnya menjadi gurih dan renyah.

Kue rengginang ini selain sederhana juga bisa dibuat dengan berbagai citarasa dan bisa dibuat dengan berbagai bentuk sesuai dengan selera masing-masing. Memang yang dikenal selama ini rengginang memiliki bentuk bulat pipih, namun dalam perkembangannya rengginang mengalami berbagai variasi, baik rasa maupun bentuknya. Rengginang bisa di goreng baik tanpa bumbu dan rasa, ada yang hanya diberi garam untuk rasa asin, dan ada juga yang rasa manis. Bahkan kini ada yang diberi rasa udang dan sebagaianya. Rengginang juga bisa dinikmati kapan saja, bisa dijadikan kerupuk untuk menemani makan atau bisa juga disuguhkan. Itulah keistimewaan dari rengginang yang fleksibel.

Dulu sewaktu masih kecil saya biasa menjumpai rengginang yang berwarna putih dengan warna merah di tengahnya. Namun sekarang banyak sekali yang membuat rengginang dengan berbagai pewarna. Hanya saja hati-hati jangan samapai anda tertarik hanya dengan warna, karena saat ini banyak juga makanan yang menggunakan pewarna yang tidak diperuntukkan bagi makanan. Cara yang paling baik adalah membuat rengginang sendiri hingga terjamin kebersihan dan tidak khawatir akan gangguan kesehatan.

Resep Cara Membuat Kue Rengginang Renyah dan Gurih

Nah bagi anda yang kebetulan kangen akan rasa rengginang yang gurih dan renyah, anda bisa segera membuatnya sekarang, sehingga besok sudah digoreng. UNtuk resepnya silahkan anda lihat yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 750 gram beras ketan (rendam di air selama 3 jam dan tiriskan)
  • 375 ml air
  • 1 sendok teh terasi udang
  • 5 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 1 butir jeruk nipis (peras airnya)
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • Minyak secukupnya
  • Penyedap rasa (jika diperlukan)

Cara membuatnya :
  1. Kukuslah beras ketan yang sudah direndam hingga setengah matang, lalu angkat. Didihkan 375ml air, lalu masukkan beras ketan yang baru dikukus. Lalu masukkan bawang putih, terasi udang, air perasan jeruk nipis, gula pasir, garam dan penyedap rasa (hanya jika suka). Aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata dengan ketan, lanjutkan memasak hingga matang, kemudian segera angkat.
  2. Ambil ketan yang sudah dikukus secukupnya, buatlah bentuk bulat lalu pipihkan (atau bentuk dengan cetakan sesuai selera). Kemudian jemur ketan yang sudah dibentuk di bawah matahari hingga kering dan angkat.
  3. Setelah kering goreng rengginang menggunakan minyak yang banyak dan api sedang saja, goreng hingga garing, lalu angkat dan tiriskan. Untuk menjaga tetap renyah simpan dalam stoples kedap udara.

Nah sangat mudah dan sederhana bukan membuat rengginang. Meskipun sederhana namun rasanya tidak sesederhana cara membuatnya kan. Bahan untuk membuat rengginang di atas bisa dijadikan sebanyak 550 gram rengginang.


Blog, Updated at: 15.22