Resep Cara Membuat Kue Moho Pandan Lembut

Posted by

Menu Internasional - Dari kue tradisional khas Jawa Barat kita menuju ke arah timur ke Jawa Tengah. Di daerah sini ada sebuah kue tradisional unik yang banyak disukai oleh masyarakatnya. Kali ini kami juga akan membagikannya dalam resep kue moho pandan. Kue moho terkenal sebagai kue jajanan pasar yang sangat terkenal, terbuat dari tepung beras. Jika dilihat sekilas kue ini sangat mirip dengan kue bolu kukus, bahkan proses dan cara pembuatannya juga sama dikukus dengan menggunakan cetakan. Hasilnya bisa dibayangkan cukup menarik layaknya cup cake yang lembut dan manis itu.

Sebagai jajanan pasar kue ini sangat dikenal oleh masyarakat khususnya di daerah Jawa. Tak heran jika hingga saat ini kue yang satu ini masih bisa ditemukan di banyak pasar tradisional yang tersebar di pulau itu. Seperti kita ketahui bahwasannya kue tradisional Nusantara mendapat perhatian lebih dari mancanegara. Beberapa pameran budaya di luar negeri terbukti mampu mengenalkan berbagai budaya Nusantara termasuk juga budaya kulinernya. Dan yang sangat membanggakan beberapa kue tradisional Nusantara menjadi kue favorit dalam pameran tersebut, salah satunya adalah kue moho.

Jika orang luar negeri saja bisa dengan bangga menikmati kue tradisional, apakah kita sebagai pribumi akan membiarkan kue tradisional kita hilang ditelan waktu. Jangan samapai itu terjadi, tetepalah menjaga kuliner Nusantara yang sehat untuk anak cucu kita. Demikian komitmen kami sebagai web penyedia resep masakan agara setidaknya bisa membantu anda dalam mengembangkan budaya kuliner Nusantara. Untuk itu silahkan anda simak resep kue moho pandan berikut ini.

Resep Cara Membuat Kue Moho Pandan Lembut

Bahan-bahan :
  • 3 sendok makan tepung beras (untuk biang)
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 75 ml air
  • 250 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu
  • 300 gram tepung beras
  • 75 ml air daun suji
  • 250 ml air

Bahan areh :
  • 350 ml santan (dari 1/2 butir kelapa)
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuatnya :
  1. Membuat biang : campurkan tiga sendok makan tepung beras dengan ragi instan dan 75 ml air, lalu diamkan selama 30 menit. Campurkan juga tepung terigu, tepung beras dan gula pasir dan air, campurkan juga adonan biang. Aduk-aduk selama 15 menit, lalu tambahkan air daun suji dan aduk-aduk hingga adonana menjadi licin.
  2. Selanjutnya masukkan santan sambil di tepuk-tepuk, tambahkan juga garam dan diamkan selama satu jam. Kemudian panaskan cetakan, lalu tuangkan adonan yang sudah dibuat tadi ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan. Lalu kukus adonan tersebut selama 25 menit lalu angkat. Keluarkan kue moho pandan dari cetakan dan biarkan hingga tidak terlalu panas, dan sia disajikan.

Kini anda bisa mulai mencoba membuat kue moho dengan kreasi anda sendiri. Sangat mudah kan untuk diikuti. Bahan yang kami sedikan dalam resep di atas bisa untuk menghasilkan sebanyak 15 buah kue moho. Akhir kata kami ucapkan selamat mencoba dan jangan berhenti berkreasi.


Blog, Updated at: 12.26