Resep Cara Membuat Wajit Legit Manis Khas Cililin

Posted by

Menu Internasional - Yuk kali ini kami akan membawa anda pergi ke Bandung, dimana banyak orang bilang adalah surganya kuliner Nusantara. Di Bandung kita bisa menikmati makanan tradisional sepuasnya. Nah ada satu tempat namanya Cililin merupakan asal dari makanan yang akan kami bagikan resepnya untuk anda. Ya resep wajit manis legit akan menjadi sajian resep kami hari ini. Wajit merupakan makanan tradisional yang terbuat dari bahan beras ketan dengan rasa manis dan legit. Banyak kita mengenal wajit di beberapa daerah namun untuk wajit yang khas memang berasal dari Cililin. Yang membuatnya khas adalah bungkusnya yang terbuat dari lembaran kulit jagung.

Namun tntu saja akan ribet jika anda tidak memiliki kulit jagung untuk membungkusnya, sehingga pada resep kali ini akan kita buat sederhana saja. Meskipun terlihat sederhana ternyata kue tradisional yang satu ini memiliki banyak penggemar, tak sedikit yang membawanya sebagai oleh-oleh khas dari Bandung. Bahan yang digunakan untuk membuat kue ini sangat mudah di dapatkan, bahkan di pasar tradisional hampir semua bahan ada.

Nah anda yang tidak sempat ke Bandung untuk membeli oleh-oleh khas nya, kami yakin anda bisa membuatnya di rumah. Hanya butuh niat dan waktu saja untuk membuat makanan nikmat yang satu ini. Dengan anda mencoba resep yang kami berikan, anda juga sudah membuktikan bahwa anda pecinta kuliner Nusantara. Semoga semakin ke depan, kuliner tradisional semakin di kenal di negeri sendiri. Untuk itu silahkan anda ikuti resep yang berikut ini.

Resep Cara Membuat Wajit Legit Manis Khas Cililin

Bahan-bahan :
  • 500 gram beras ketan (di rendam selama 2 jam)
  • 500 ml santan kelapa (dari 1 butir kelapa)
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 200 gram gula merah (disisir halus)
  • 3 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh garam
  • Kulit jagung kering secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Kukus beras ketan yang sudah di rendam selama 30 menit, lalu angkat.
  2. Masak santan bersama dengan gula pasir, gula merah, daun pandan dan garam hingga mendidih, lalu segera angkat dan saring.
  3. Jerang lagi hasil saringan santan tersebut menggunakan api kecil saja, lalu masukkan ketan ke dalam campuran santan tersebut. Aduk-aduk bahan tersebut hingga adonan matang dengan warna kecoklatan dan berminyak. Jika sudah segera angkat dan biarkan agak dingin.
  4. Ambil adonan menggunakan sendok lalu bungkus menggunakan kulit jagung kering, lakukan hingga adonan habis.
  5. Selanjutnya jemur di bawah terik matahari agar kering dan keras, namun jangan terlalu keras. Dengan di jemur kue juga akan menjadi lebih awet.

Nah demikian tadi resep wajit khas Cililin yang bisa kami bagikan. Harapan kami semoga dengan resep kue tradisional yang kami bagikan, bisa membangkitkan kembali kejayaan jajanan khas Nusantara di negeri sendiri. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.


Blog, Updated at: 22.56