Resep Sambal Bajak Khas Banten Selera Pedas

Posted by

Menu Internasional - Cuaca yang tidak menentu membuat udara kadang terasa panas kadang juga dingin. Hal ini sangat mempengaruhi pola makan seseorang, bahkan juga mempengaruhi mood orang yang akan memasak makanan. Ada satu pilihan yang sangat tepat saat anda sedang malas membuat masakan yaitu membuat sambal saja. Kali ini kami akan memberikan resep sambal bajak yang sangat terkenal. Hampir semua daerah mengenal sambal bajak sebagai sambal yang sangat pedas dan mantap. 

Seperti kita ketahui masyarakat di kepulauan Nusantara terkenal sebagai pecinta sambal, hampir setiap daerah memiliki citarasa dan jenis sambal yang berbeda. Masing-masing daerah memiliki lebih dari dua jenis sambal, itulah mengapa Indonesia sangat terkenal suka makanan pedas. Tak heran jika kemudian muncul istilah makan tanpa sambal akan berasa hambar. Bahkan sambal dianggap sebagai makanan pokok dibanding lauk pauk utama. Bahkan ada yang hanya makan ikan asin saja musti nambah hanya karena kelezatan sambal.

Sambal bajak sendiri seperti dijelaskan di atas merupakan sambal yang sudah sangat terkenal, bahkan di pulau Jawa adaberbagai macam sambal bajak yang khas dari daerah masing-masing, ada sambal bajak banten, ada sambal bajak Jawa Tengah, ada sambal bajak Jawa Timur dan sebagainya. Pastinya masing-masing memiliki ciri khas sendiri-sendiri meskipun memiliki nama yang sama. Semua kuliner khas dimasing-masing daerah pasti berbeda dari citarasanya semua tergantung dari budaya lokal masing-masing daerah itu sendiri. Sambal bajak yang akan kami bagikan kali ini adalah sambal bajak khas Banten yang tak kalah menrik dari segi rasa maupun tampilannya. Anda yang pecinta sambal dan pecinta kuliner tradisional khas Nusantara astinya akan melihat perbedaan yang ada pada sambal bajak khas Banten ini. 

Resep Sambal Bajak Khas Banten Selera Pedas

Sambal bajak khas Banten menggunakan bahan campuran ebi dan terasi membuat sambal ini menjadi beraroma khas sekaligus mampu menggugah selera penikmatnya. Umumnya sambal memang mampu menarik dulu dari aroma, baru kemudian rasa akan menyusul setelah dicicipin. Biasanya aroma makanan yang khas dan enak akan mempengaruhi rasa dari makanan itu, aroma yang nikmat biasanya akan memberikan rasa yang tak kalah nikmat, meskipun belum pasti juga. Seperti resep sambal goreng petis yang telah kami bagikan sebelumnya adalah salah satu contoh sambal yang sangat menarik khas Sidoarjo Jawa Timur dengan citaras yang khas.

Nah untuk anda yang bingung ingin membuat maanan pelengkap apa pada hari ini, anda bisa mencoba resep sambal bajak kali ini. Sesuaikan dengan kebutuhan saja, apabila tidak suka terlalu pedas kurangi saja cabainya atau sebaliknya. Untuk itu demi mempersingkat waktu silahkan anda coba resep sambal yang berikut ini.

Bahan-bahan :

  • 150 gram ebi (seduh air panas, lalu dicincang)
  • 1 sendok teh terasi matang
  • 5 butir kemiri
  • 2 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)
  • 200 gram cabai merah (digiuling)
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 150 ml santan kental
  • Garam sesuai selera

Cara membuatnya :

  1. Haluskan dahulu kemiribersama dengan terasi, lalu tumislah bersama  ebis hingga keluar aroma harum. 
  2. Masukkan cabai merah giling dan  gula merah ke dalam tumisan, kemudian beri santan dan lanjutkan memasak hingga mendidih. Lanjutkan memasak hingga sambal mengental dan berwarna pekat, lalu segera angkat. 
  3. Sambal bajak siap disajikan sebagai makanan pelengkap.

Nah sangat mudah sekali kan membuat sambal bajak khas Banten kali ini. Hasil dari bahan di atas bisa dinikmati oleh empat hingga lima orang. Akhir kata tak lupa selalu kami ingatkan, selamat mencoba dan terus berkreasi.


Blog, Updated at: 23.08