Resep Wingko Babat Khas Semarang Paling Mantap #2

Posted by

Menu Internasional - Anda pecinta jajanan asli khas Nusantara? Pasti tau donk jajanan khas Semarang yang nikmat dan tahan lama untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Wingko babat adalah solusi dari kegalauan anda. Namu jika anda sampai lupa membelinya bagaimana? Jangan khawatir, kami akan memberikan resep wingko babat khas Semarang bagi anda yang lupa membeli oleh-oleh khas Semarang ini. Lagian sudah jauh-jauh sampai Semarang ternyata lupa membawa oleh-oleh itu akan membuat orang yang menanti oleh-oleh tersebut menjadi sedih. Namun beda ceritanya jika anda bisa membuatnya sendiri dirumah, bisa jadi resep yang anda coba ternyata lebih nikmat dari yang aslinya.

Berbicara tentang kue tradisional yang bernama wingko ini, sangat sulit memisahan anatara wingko dan kota Semarang. Jika mengngat wingko pasti ingat akan kota semarang, jadi bagi anda warga Semarang yang kebetulan sedang jauh dari kampung halaman dan kangen makanan tradisional yang satu ini, jangan sedih, toh anda bisa membuat sendiri koq wingko babat yang nikmatnya sama dengan yang ada di kota Semarang. Namun tidak semua dari anda suka rasa dari kue wingko ini, anda bisa mencoba resep yang lain seperti lumpia goreng khas Semarang misalnya.

Makanan atau jajanan khas Nusantara memang selalu unik, wingko babat sendiri misalnya, hanya terbuat dari bahan-bahan yang sederhana dan banyak ditemukan sehari-hari ternyata bisa menjadi kue tradisional yang sangat melegenda dan banyak sekali penggemarnya. Sehingga wingko babat menjadi salah satu makanan tradisional khas Nusantara yang dinobatkan sebagai oleh-oleh khas Semarang. Dengan kata lain, anda belum dianggap sampai di kota Semarang jika belum mencicipi kue wingko tersebut. Untuk melihat resep wingko babat yang lain bisa anda lihat di Resep Wingko Babat Semarang #1.

Resep Wingko Babat Khas Semarang Paling Mantap #2

Nah kini sebagai orang Nusantara asli yang mencintai budaya kuliner Nusantara, anda wajib setidaknya tau makanan tradisional asli khas Nusantara dari berbagai daerah. Jika mungkin ada baiknya jika anda bisa membuatnya sendiri di rumah, sekaligus ikut membantu melestarikan budaya kuliner Nusantara asli. Untuk itu bagi anda yang sudah siapkan bahan-bahan segera saja anda coba resep wingko babat yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 300 gram tepung ketan
  • 75 gram tepung kanji
  • 400 gram gula pasir
  • 2 butir kuning telur
  • 1 butir kelapa (yang masih agak muda), kupas dan parut memanjang
  • 1 sendok teh vanili
  • 1 sendok teh garam
  • 175 ml santan kental
  • 1 butir kuning telur kocok (untuk bahan olesan)

Cara membuatnya :
  1. Campurkan menjadi satu tepung ketan, gula pasir dan tepung kanji, lalu campurkan campuran tepung tersebut dengan kuning telur. Remas-remas bahan-baha tersebut hingga tercampur rata, kemudian tambahkan kelapa parut dan vanili lalu aduk-aduk hingga rata kembali.
  2. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Selanjutnya masukan adonan tersebut ke dalam loyang persegi berukuran 20x20cm, yang sudah diolesi dengan minyak goreng.
  3. Panggang aonan yang sudah berada dalam loyang menggunakan oven hingga harum dan matang, lalu keluarkan wingko dari dalam oven. Olesi wingko menggunakan kuning telur kocok, lalu panggang lagi selama kira-kira tujuh menit, kemudian segera angkat. Potong-potong wingko babat jika sudah dingin dan wingko siap dinikmati.

Tips : untuk menghasilkan warna yang bagus, anda bisa mengulangi pengolesan telur hingga beberapa kali.

Sudah jadi dan sudah siap dinikmati, sangat mudah dan begitu sederhana sekali bukan? Nah kue wingko yang dihasilkan dari resep diatas bisa mencapai 16 potong kue. Penasaran ingin membuat sendiri di rumah? Selamat mencoba dan tetap berkreasi.


Blog, Updated at: 23.04