Resep Empal Gentong Khas Cirebon Lezat dan Gurih

Posted by

Menu Internasional - Mendengar nama empal gentong daerah mana yang kemudian anda pikirkan? Tentu saja Cirebon adalah tempat yang tepat sebagai asal dari makanan empal gentong ini. Nah kali ini saya juga akan membagikan resep empal gentong untuk anda semua penggemar makanan tradisional Cirebon. Empal gentong sendri merupakan makanan khas Cirebon yang jika dilihat secara fisiknya nampak seperti soto atau gulai. Makanan ini diolah dengan menggunakan wadah gentong dari tanah liat. Uniknya makanan khas Cirebon yang satu ini masih dimasak menggunakan kayu bakar.

Di Cirebon ada dikenal dua macam empal yang masing-masing dibedakan berdasarkan kuah yang digunakan. Dua macam empal gentong tersebut antara lain empal gentong dengan kuah santan dengan taburan daun kucai dan yag satu lagi adalah empal gentong kuah asam, empal kuah asam ini kuahnya terlihat lebih bening, dan rasa asam yang ada ditimbulkan dari adanya belimbing wuluh, bukan asam jawa. Kedua masakan khas ini memiliki rasa yang unik, keduanya benar-benar berbeda dan masing-masing memiliki penggemarnya masing-masing.

Ada beberapa tempat makan atau warung makan yang menawarkan empal gentong sebagai menu utama di warungnya. Di Cirebon sendiri ada tiga tempat yang menjadi favorit para pemburu kuliner tradisional Cirebon. Yang apling legendaris di antara tida tempat empal gentong adalah Empal Gentong Mang Darma yang berada di daerah Krucuk di samping BTN. Namun entah karena di warung Mang Dharma terlalu penuh atau bagaimana hingga kemudian warung empal Amarta dan warung Apud juga menjadi persinggahan para pemburu empal gentong.

Kedua warung terakhir ini letaknya berdekatan dan berada di jalan Juanda, Battembad (Battembad di percaya adalah tempat lahirnya empal gentong), dan masing-masing menawarkan empal yang sama nikmat, untuk mana yang lebih nikmat semua tergantung pengunjung yang akan menentukan seleranya. Namun ada satu warung lagi yang berbeda dari tida warung em[pal gentong yang sudah disebutan di atas. Untuk warung yang satu ini dikenal dengan nama warung empal gentong Mang Kojek. Warung terakhir ini merupakan warung favorit Pak Bondan yang pernah menikmati makan di emapl gentong Mang Kojek. Menurut Pak Bondan, empal yang di tawarkan Mang Kojek hanya menggunakan daging kikil dan disajikannya dengan sumsum tulang tungkai sapi. Nah warung Mang Kojek ini adanya di Jalan Fatahillah, Plered.

Resep Empal Gentong Khas Cirebon Lezat dan Gurih

Nah anda yang kebetulan melawati daerah Cirebon yang kadang juga sering macet cobalah berhenti dan menikmati salah satu tempat yang saya berikan tadi. Atau jika anda ingin membandingkan ya silahkan saja menikmati semua warung tersebut, agar bisa menentukan yang terbaik. Namun jika anda tidak banyak waktu, membua empal gentong sendiri juga tidak susah koq. Rahasianya cuma satu, caca resep dengan teliti dan ikuti langkah demi langkah cara membuatnya. Siapa tau empal gentong yang anda buat melebihi empal gentong legendarisnya Mang Darma. Untuk resep makanan khas Cirebon yang lain simak juga resep bubur sop ayam, sajian lain asal Cirebon.

Untuk membuat empal gentong sendiri di rumah, saya akan memberikan resep generik dari empal gentong. Resep yang saya berikan ini dibuat dengan berbagai bahan yang tidak lebih dan tidak kurang sama dengan yang digunakan untuk membuat empal gentong khas Cirebon. Jika anda tertarik membuat empal gentong sendiri, ika kebetulan banyak yang suka bisa menjadi usaha kuliner yang mungkin belum ada di daerah anda. Untuk itu silahkan anda simak resep empal gentong yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 500 gram daging sapi (yang baik pilih has, sandung lamur atau kikil)
  • 500 gram jerohan (paru, babat, usus)
  • 500 ml santan kelapa segar
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu-bumbu :
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh lada putih
  • 2 cm kunyit
  • 3 butir cengkih
  • 1 batang serai (geprak/memarkan)
  • 1 lembar daun salam
  • Garam secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Rebus daging sapi dan jerohan dalam wadah yang berbeda, keduanya direbus menggunakan api kecil, dan lakukan hingga daging empuk. Jika sudah angkat dan tiriskan.
  2. Sisihkan kaldu sisa untuk merebus daging sapi untuk digunakan sebagai kuah empal gentong. Untuk air sisa rebusan jerohan dibuang saja.
  3. Potong-potong daging sapi yang sudah direbus tadi degan bentuk dadu.
  4. Siapkan bumbu-bumbu, haluskan bawang merah, bawang putih, lada putih, kunyit dan garam. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan tersebut dengan menggunakan sedikit minyak hingga tercium aroma harum. Selanjutnya masukkan serai, cengkih, dan daun salam, tumis lagi sebentar.
  5. Campurkan tumisan bumbu-bmbu tersebut ke dalam kaldu sapi yang disisihkan tadi. Masukkan potongan daging sapi dan jerohan yang sudah direbus tadi, lanjutkan memasak menggunakan api kecil hingga kuah mendidih.
  6. Jika sudah mendidih, masukkan hail masakan tadi ke dalam mangkuk, lalu sajikan dengan taburan daun kucai, bawang goreng dan bubuk cabai merah.

Nah mudah sekali kan membuat empal khas Cirebon, coba cicipi dan rasakan apakah rasanya sama dengan empal yang asli. Jika sudah sama anda sudah siap menjadi pengusaha empal gentong di daerah anda. Selamat mencoba dan terus berkreasi.


Blog, Updated at: 20.52