Resep Nasi Lemak Melayu Spesial Gurih dan Nikmat

Posted by

Menu Internasional - Pernah menikmati lezatnya nasi lemak? Saya akan segera membagikan resep nasi lemak untuk anda semua. Nasi lemak adalah makanan khas bangsa Melayu yang banyak ditemukan di Malaysia, bahkan sudah dinobatkan sebagai makanan nasional Malaysia. Jika di Indonesia nasi lemak akan sangat mudah ditemukan di Riau dan Kepulauan Riau. Selain di kedua negara tersebut ternyata nasi lemak juga sudah sangat dikenal di Singapura dan juga d Brunei. Di berbagai tempat sama hal nya di Indonesia, nasi lemak ini biasa dinikmati sebagi menu sarapan yang sangat nikmat.

Jika kita berbicara tentang nasi lemak, maka bisa dijelaskan bahwa nasi lemak merupakan hidangan di mana nasi dimasak dengan campuran santan kelapa yang sudah tentu untuk menciptakan citarasa gurih da dalam hidangan tersebut. Untuk menambahkan aroma harum dari masakan tersebut biasanya daun salam ditambahkan bersama saat memasak nasi lemak. Nasi lemak merupakan istilah yang biasa digunakan oleh rumpun Melayu di Malaysia untuk menyebut makanan yang bertekstur gurih dan berminyak dari santan kelapa yang digunakan. 

Bagi orang Minangkabau biasa menyebut makanan dengan rasa dan tekstur makanan yang gurih dan berminyak dengan sebutan lamak. Minyak yang ada pada nasi lemak ini karena selama proses memasak, santan kelapa melepaskan kandungan lemak nabati dan bercampur dengan nasi yang sedang di tanak. Nasi lemak sudah dikenal cukup lama, hal ini terbukti dari sebuah tulisan oleh Sir R.O Winstedt dalam sebuah bukunya "The Circumstances of Malay Life" pada tahun 1909.

Pada umumnya nasi lemak sebagai menu sarapan disaikan bersema dengan telur yang biasanya diolah menjadi telur rebus, telur mata sapi atau telur dadar. Kemudian untuk melengkapi hidangan nasi lemak biasanya ditambahkan irisan ketimun, dan juga teri goreng. Tambahan yang lain yang tak pernah tertinggal sebagai pelengkap setiap masakan adalah sambal atau bisa juga cabai. Nah keterangan di atas adalah versi asli dari nasi lemak yang dari dulu sudah ada. 

Namun seiring berkembangnya waktu, nasi lemak kini sudah dimodifikasi mengikuti selera para konsumen. Berbagai bahan tambahan seperti lauk pauk kini mulai menyesuaikan apa yang diminta oleh pasar, seperti misalnya tempe/tahu, kacang tanah goreng, petai, ayam, daging, cumi dan berbagai jenis seafood, bahkan ada juga yang memanfaatkan jerohan sapi sebagai tambahan seperti limpa dan juga hati sapi. Bahkan campuran santan yang sudah dicampurkan dan menghasilkan minyak saat memasak, mungkin dirasa kurang gurih ada juga yang menambahkan parutan kelapa.

Resep Nasi Lemak Melayu Spesial Gurih dan Nikmat

Sama hal nya dengan berbagai jenis masakan tradisonal yang lain, nasi lemak termasuk sebagai makanan yang cukup banyak pengemarnya. Karena saking terkenalnya si nasi lemak ini sudah dijual diberbagai tempat dan sangat mudah untuk mendapatkannya. Kini nasi lemak sudah dijual diberbagai tempat dari warung makan yang paling sederhana, warung pinggir jalan, dan ada juga yang menjajakan secera berkeliling. Nasi lemak hampir di seluruh daerah Semenanjung Malaya menyebut nama makanan ini dengan istilah yang sama. Seperti di Malaysia tempat asal makanan trsebut, daerah Sumatera Indonesia, Singapura hingga di Brunei.

Di Jakarta juga ada makanan dari bahan nasi yang rasa dan teksturnya sangat miri dengan nasi lemak. Orang Betawi di Jakarta sering menyebut nama makanan yang satu ini sebagai nasi uduk, sama juga biasa disantap sebagai menu sarapan. Sedangkan beberpa tempat lain di Indonesia juga memiliki makanan dengan jenis yang hampir sama dengan berbagai sebutan. Di Aceh nama makanan sejenis nasi emak disebut dengan nasi gurih, di Jawa Tengah dan sekitarnya namanya sega liwet atau nasi liwet, sedangkan di Medan namanya agak menakutkan yaitu nasi perang, namun khusus di Medan yang namanya menakutkan justru dibungkus dengan ukuran yang lebih kecil. Itu adalah nama-nama makanan sejenis nasi lemak ang dikenal di Indonesia. Semua daerah sama saja, dinikmati sebagai menu sarapan.

Awalnya sebenarnya nasi lemak tidak dikhususkan sebagai menu sarapan, karena awalnya nasi lemak dagunakan sebagai bekal bagi para petani atau pekerja perkebunan untuk santap makan di sebelum bekerja atau saat jam istirahat. Namun karena biasanya berangkat pagi dan dimakan sebelum bekerja maka nasi lemak identik sebagai menu sarapan. Sebagai makanan bekal, nasi dengan citarasa gurih dan enak ini nyatanya mampu memberikan tambahan energi setelah memakannya.

Nah dibalik rasanya yang enak dan sensasi gurih yang ditimbulkan ketika menikmati nasi lemak ini adalah ternyata nasi lemak tidak baik dikonsumsi sebagai makanan pokok sehari-hari. Hal ini karena nasi lema dinilai makanan dengan kadar kalori tinggi dan juga mengandung kadar lemak yang tinggi pula. Bahkan di Malaysia ada himbauan dari pemerintah agar nasi lemak hanya dijual di sekolah-sekolah dengan batasan hanya dua kali saja tiap minggu nya. Hal ini adalah cara pemerintah mengatur agar tidak terjadi banyak kasus obesitas dan diabetes pada anak-anak usia sekolah. Ini cukup baik juga mengingat kesehatan di usia masih sangat muda sangat penting untuk masa depan yang lebih baik.

Untuk membuat makanan yang satu ini tidak susah koq, berhubung tadi disebutkan bahwa makanan ini mirip dengan nasi uduk yang sudah dikenal luas di Indonesia rasanya tidak akan ada masalah berarti untuk membuat yang lebih nikmat. Untuk itu silahkan saja anda simak resep nasi lemak yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 2 potong dada ayam (tanpa tulang), potong bentuk dadu kecil
  • 75 gram minyak samin atau bisa menggunakan mentega
  • 100 gram wortel (dipotong dadu)
  • 200 gram kacang polong
  • 500 gram beras (cuci bersih dan tiriskan)
  • 4 siung bawang putih (dihaluskan)
  • 1 butir bawang bombay (rajang tipis)
  • 4 buah cabai merah (dihaluskan)
  • 1 sendok makan bubuk pala
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • Garam secukupnya saja
  • 4 butir telu (dikocok lepas, lalu didadar)
  • 2 sendok makan bawang merah goreng

Cara membuatnya :
  1. Panaskan mentega atau minyak samin, lalu tumislah bawang putih dan bawang bombay hingga mengeluarkan aroma harum. Selanjutnya masukkan irisan wortel serta potongan dada ayam, lanjutkan memasak hingga daging ayam berubah warna.
  2. Masukkan beras ke dalam tumisan, lalu tambahkan kecap ikan, bubuk pala serta garam sambil diaduk-aduk. Jika beras sudah setengah matang, masukkan air, lalu masak hingga air habis. Selanjutnya masukkan kacang polong, lalu aduk-aduk kembali. Kemudian kukuslah selama kurang lebih 1 (satu) jam. Jika sudah segera angkat dan hidangkan bersama dengan telur dadar yang sudah diiris halus dan taburi dengan bawang merah goreng.

Nah mudah sekali kan membuat nasi lemak, cukup sederhana dan bisa dilakukan kapan saja. emua bahan yang tersedia pada resep sederhana di atas bisa disajikan untuk empat porsi makan. Akhir kata kami ucapkan selamat mencoba dan terus berkreasi.


Blog, Updated at: 22.43