Resep Nasi Lengko Khas Cirebon Sedap dan Mantap

Posted by

Menu Internasional - Pernah menikmati makanan nasi lengko? Jika belum pernh segera cicipi biar pernah, rasanya enak lho. Jika ingin membuatnya sendiri kami akan memberikan resep nasi lengko khas Cirebon untuk anda semua. Namun sebelum sampai ke resep nasi lengko sebaiknya anda tau apa nasi lengko dan dari mana asalnya. Nasi lengko sebenarnya adalah makanan khas masyarakat yang ada di sepanjang pantai utara atau pantura. Daerah yang terkenal dengan nasi lengko antara lain Cirebon, Indramayu, Brebes dan Tegal serta berbagai daerah sekitarnya. Makanya jika nasi lengko diklaim berasal dari Cirebon saja nanti daerah lain yang juga memiliki nasi lengko sebagai makanan khasnya iri. Jadi saya akan mengatakan bahwa nasi lengko adalah makanan khas pantura sejak sekarang.

Saya sendiri pernah dan sangat menggemari nasi lengko ini. Dulu hampir seminggu 3-4 kali menikmati nasi lengko. Bukan di Cirebon atau di Tegal, namun di kota Yogyakarta dan belinya di warung Tegal atau Warteg. Pernah juga ada teman dari Cirebon yang buka warung tenda dan menu andalannya adalah nasi lengko ini. Makanan ini mirip dengan pecel atau lotek, namun bahan yang digunakan sedikit berbeda. Nasi lengko seperti namanya terdiri dari nasi, dilengkapi dengan tahu goreng, tempe goreng, mentimun segar dicacah, taoge direbus serta ditambah dengan daun kucai yang dipotong kecil-kecil. Setelah di tata baru diberi bumbu saus kacang dan dilengkapi kecap manis. Untuk melengkapi sajian nasi lengko taburan bawang goreng tidak boleh ketinggalan.

Untuk penyajiannya kira-kira demikian, tempe goreng dan tahu goreng sebelum ditata dalam piring biasanya dipotong dadu kecil-kecil. Lalu diletakkan di atas piring berisi nasi, setelah itu ditambahkan taoge dan mentimun yang dicacah. Di atasnya lagi ditaburi daun kucai. Setelah semua ditata barulah disiram dengan bumbu saus kacang dengan tingkat kepedasan yang disesuaikan selera. Di atas bumbu saus kecap tambahkan kecap manis dan taburi dengan bawang goreng. Agar lebih nikmat lagi kerupuk jangan sampai tertinggal untuk ditambahkan ya.

Untuk membuat nasi lengko bahan-bahannya sudah tentu sangat mudah di dapat dan murah meriah. Makanan ini jika dikasih daun bayam atau kangkung rebus sudah mirip dengan pecel atau lotek ya, hanya saja berbeda pada tambahan kecap manisnya. Bumbu aus kacang yang digunakan mirip yang biasa dipakai untuk rujak, kecap manisnya juga biasanya bukan kecap yang kental, namun kecap dipilih yang agak encer. Pengalaman saya pertama menikmati makan nasi lengko yang dibeliin oleh teman saya di warung Tegal di dekat bekas terminal Yogyakarta, langsung ketagihan lho, namun saat ini saya sudah jarang menikmati dan rasanya kangen jika ingat makanan yang satu ini.

Nasi lengko jika di Tegal namanya bukan nasi lengko tapi sega lengko, menyesuaikan dengan bahasa lokal Tegal yaitu bahasa ngapak. Baik nasi lengko yang pernah saya makan, baik versi orang Cirebon maupun versi orang Tegal ternyata sama, jadi memang benar jika nasi lengko adalah warisan buaya kuliner di sepanjang pantai utara. Bisa dikatakan nasi lengko ini khas Cirebon, khas Indramayu, khas Brebes dan khas Tegal. Semua sah saja asalnya dari mana toh yang saya rasakan baik bahan maupun rasanya sama. Untuk anda yang ingin embuat makanan khas Cirebon yang sedang booming akhir-akhir ini, silahkan lihat di resep empal gentong khas Cirebon di situs resep masakan ini.

Resep Nasi Lengko Khas Cirebon Sedap dan Mantap

Nah karena bahan dan bumbunya sudah sangat biasa digunakan atau dipakai untuk memasak sehari-hari, maka saya yakin anda semua pasti bisa membuatnya. Cara membuat nasi lengko ini juga sederhana sekali, tidak ribet dan sangat mudah. Waktu untuk membuatnya juga saya rasa tidak terlalu lama, karena bumbu saus kacang sudah siap digunakan. Hanya tinggal merebus dan menggoreng bahan isian, di tata dan jadilah nasi lengko. Namun untuk lebih tepat dalam takarannya diperlukan resep yang pas, untuk itu silahkan saja anda simak resep nasi lengko yang berikut ini. 

Bahan-bahan :
  • 500 gram nasi (hangat lebih baik)
  • 1 buah mentimun (dicacah atau dipotong dadu)
  • 50 gram taoge (direbus)
  • 150 gram tempe (dipotong dadu)
  • 200 gram tahu (dipotong dadu)
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 4 tangkai kucai (dicincang halus)
  • Bawang goreng secukupnya
  • Kecap manis
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu saus kacang :
  • 75 gram kacang tanah (digoreng)
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kencur
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1/4 sendok teh garam
  • 150 ml santan (direbus)

Cara membuatnya :
  1. Membuat bumbu saus kacang : haluskan semua bahan yang digunakan untuk membuat bumbu saus kacang, taruh dalam mangkuk lalu beri santan dan aduk hingga rata lalu sisihkan dahulu.
  2. Haluskan bawang putih dan garam, kemudian beri air an aduk-aduk hingga merata. Lumuri atau masukkan tempe dan tahu ke dalam campuran bumbu tersebut, diamkan selama lima menit agar meresap bumbunya.
  3. Panaskan minyak yang sudah disiapkan, lalu goreng tempe dan tahu yang sudah dibumbui hingga matang, lalu segera angkat dan tiriskan.
  4. Siapkan piring saji, beri dengan nasi, beri dengan potongan tempe dan tahu goreng, tambahkan mentimun dan taoge. Kemudian siram campuran bahan tersebut dengan bumbu saus kacang, di atasnya taburi dengan rajangan daun kucai, beri kecap manis secukupnya. Terakhir taburi dengan bawan goreng dan lengkapi dengan kerupuk.

Nah nasi lengko khas Cirebon dan sepanjang jalur pantura sudah selesai saya baika, Bahan dan bumbu tidak ada yang susah dicari bukan? Semua bisa membuat makanan enak dan sehat, Nasi lengko termasuk makanan yang kaya protein dan serat, karena tidak mengandung unsur hewani. Selamat mencoba dan terus berkreasi.


Blog, Updated at: 15.26