Resep Martabak Telur Spesial Mudah dan Praktis

Posted by

Menu Internasional - Martabak merupakan makanan yang terbuat dari bahan telur yang dilipat. Dari arti katanya sendiri martabak berasal dari bahasa Arab yang bisa diartikan sebagai melipat atau terlipat. Nah dengan pengantar tersebut maka kali ini saya juga akan membagikan resep martabak telur spesial yang lebih praktis dari resep martabak yang sebelumnya. Memang tidak salah jika melihat martabak secara fisik adalah makanan yang berupa dadar telur diisi dengan berbagai macam bahan isian lalu dilipat. Makanan yang juga sangat terkenal di Indonesia ini sebenarnya sudah lebih dahulu terkenal di wilayah Timur Tengah. Martabak sudah sangat lazim dikenal di Arab Saudi, Yaman dan negara-negara tetangga Indonesia yaitu Brunei dan Malaysia. Masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri untuk membuat martabak menyesuaikan dengan kebudayaan lokal yang ada.

Di Indonesia sendiri kita mengenal ada dua jenis martabak yang sudah sangat terkenal di masyarakat, yaitu martabak asin yang biasanya terbuat dari telur dengan bahan isian daging atau sayuran, ada juga martabak manis atau banyak orang juga menyebutnya dengan nama kue terang bulan. Martabak asin di Indonesia lebih terkenal dengan nama martabak telur. Jika dilihat dari jenisnya kedua martabak ini sangat berbeda baik dari bahannya mauun dari asal-usulnya. Banyak sekali yang menuliskan bahwa martabak asin atau yang lebih dikenal dengan martabak telur adalah makanan yang diadaptasi dari India, ada juga yang menyebuitkan dari asal katanya berasal dari Timur Tengah. Sedangkat martabak manis atau kue terang bulang lebih terkenal berasal dari Bangka yang di bawa oleh warga keturuan Tionghoa. Anda juga bisa melihat resep martabak telur spesial part 1 yang sudah pernh saya buat sebelumnya ntuk perbandingan dengan resep yang kedua ini.

Berdasarkan sejarahnya saya akan mencoba menjabarkan asal-usul dari martabak telur, karena kali ini saya akan membagikan resep martabak telur. Martabak telur yang kini dikenal luas di Indonesia di duga terpengaruh oleh budaya kuliner India. Bermula pada tahun 1930, seorang pemuda bernama Ahmad dari Tegal, Jawa Tengah merantau ke Semarang untuk berdagang. Singkat cerita pemuda ini bertemu dengan Abdullah asal India yang kemudian menjadi sahabatnya. Abdullah ternyata memiliki keahlian membuat masakan dari adonan tepung yang dikenalkan denan nama martabak. Dari persahabatan ini kemudian Abdullah diperkenalkan dengan adik perempuan Ahmad yang kemudian diperistri sahabatnya itu. Dengan keahliannya membuat martabak banyak tetangga dan teman ahmad yang minta diajari membuat martabak yang sudah dimodifikasi sesuai budaya kuliner setempat. Alhasil martabak di Indonesia dikenal dengan martabak yang berisi sayuran. Dari tetangga yang pernah belajar membuat martabak kemudian mulai menyebar dan dikenal martabak telur yang ada sekarang.

Resep Martabak Telur Spesial Mudah dan Praktis

Nah dari sejarahnya anda bisa tahu bahwa martabak pada dasarnya adalah makanan yang bukan asli Indonesia, hanya saja karena masyarakat kita pada waktu itu suka mengkonsumsi sayur martabak yang dibuat akhirnya mengikuti budaya Jawa dengan mmebuat martabak telur beri sayur. Seiring dengan berjalannya waktu, kini martabak telur kembali diisi dengan daging namun yang diisi dengan sayur juga masih sangat populer hingga sekarang. Oh iya sekedar informasi yang mungkin bisa dikoreksi, untuk membedakan martabak telur spesial atau bukan anda bisa melihat dari telur yag digunakan. Yang spesial kantanya menggunakan bahan telur bebek, sedangkan yang biasa menggunakan telur ayam.

Nah bagi anda yang tertarik untuk membuat martabak untuk lauk atau untuk sekedar menemani ngobrol atau bisa juga untuk menu berbuka puasa, bisa membuatnya sendiri di rumah. Resep yang akan saya bagikan kali ini sengaja saya buat lebih prasktis agar anda yang mengikuti resep saya bisa membuat dengan hasil yang baik. Nah untuk itu mari kita simak resep martabak telur spesial berikut ini. 

Bahan-bahan :
  • 4 butir telur bebek (dikocok lepas)
  • 4 siung bawang putih
  • 3 sendok makan margarine (untuk menumis)
  • 150 gram daging sapi (dicincang kasar)
  • 50 ml air
  • 1 buah wortel (rajang dadu kecil)
  • 5 buah jamur merang (potong dadu kecil)
  • 2 batang daun bawang (rajang tipis)
  • 1/2 butir bawang bombay (rajang tipis melintang)
  • 20 gram kacang polong (direbus)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh bubuk merica
  • 12 lembar kulit lumpia
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Panaskan margarin, lalu tumis bawang putih hingga aroma harum keluar, kemudian masukkan daging cincang, dan berilah air. Aduk-aduk hingga daging cincang matang. Selanjutnya tambahkan wortel, jamur merang, daun bawang, kacang polong, dan bawang bombay hingga layu, lalu angkat.
  2. Masukkan telur kocok dan daun bawang, lalu tambahkan garam dan bubuk merica, masak hingga matang lalu angkat dan sisihkan.
  3. Ambil satu lembar kulit lumpia, kemudian isilah dengan dua sendok makan adonan tumisan daging atau bahan isian. Lipat kulit lumpia tersebut seperti melipat amplop hingga bahan isian tertutup, kemudian goreng dengan minyak yang banyak dan panas sampai warna berubah kuning agak kecoklatan. Jika dirasa cukup segera angkat dan tiriskan.
  4. Martabak telur spesial kini siap disajikan selagi hangat dengan cabai atau saus sambal sebagai cocolan.

Nah sudah jadi kan, praktis, mudah dan sangat sederhana sekali membuatnya. Dengan bahan yang disiapkan di atas anda bisa membuat martabak telur untuk empat orang. Selamat mencoba dan jangan berhenti berkreasi.


Blog, Updated at: 20.37