Resep Nasi Kuning Spesial Cita Rasa Nusantara

Posted by

Menu Internasional - Pernah makan nasi kuning? Beda dengan nasi jagung yang sama kuning juga ya. Jika belum pernah menyantap atau bahkan belum tahu menahu tentang apa itu nasi kuning, jangan khawatir saya akan memberikan resep nasi kuning spesial untuk anda. Memang tidak terlalu umum jika seseorang sengaja memasak nasi kuning sebagai masakan sehari-hari. Nasi kuning sangat jarang di masak layaknya nasi putih yang biasa kita santap sehari-hari. Untuk kepercayaan orang Jawa, nasi kuning biasa dibuat menjadi tumpeng untuk berbagai keperluan. Tumpeng nasi kuning ini melambangkan sebuah gunung emas yang melambangkan kekayaan atau kemakmuran masyarakat.

Memang secara khusus membuat nasi kuning hanya dilakukan untuk upacara adat, syukuran atau untuk merayakan kebahagian atas suatu peristiwa kelahiran. Untuk itu maka sangat jarang di temukan nasi kuning sebagai makanan harian baik masakan rumahan atau warung makan. Mungkin ada yang menjualnya tapi saya yakin akan sangat susah mencarinya. Seperti yang saya bilang, nasi kuning memang bukan makanana harian yang bisa dengan mudah di dapatkan di setiap tempat. Untuk itu saya sarankan untuk anda yang ingin menikmati nasi kuning sebaiknya mengikuti resep yang nanti akan saya bagikan. Resep nasi yang lain bisa anda simak dalam resep nasi jagung gurih.

Sama dengan budaya orang Jawa, di Bali kuning juga menjadi salah satu warna yang dikeramatkan. Untuk itu di Bali nasi kuning juga selalu dan wajib ada pada saat upacara kuningan. Nah sudah jelas kan sekarang bahwa nasi kuning adalah makanan tradisional yang memiliki makna yang cukup dalam. Namun bukan berarti anda semua tidak bisa membuatnya di hari-hari biasa. Pada hakikatnya nasi kuning hanyalah salah satu kreasi memasak nasi. Dalam hal ini warnakuning dari nasi di dapatkan dari campuran kunyit yang digunakan sebagai bumbu sekaligus pewarna alami. Nasi kuning memiliki cita rasa yang gurih karena di masak dengan bumbu dan juga santan. Resep yang hampir sama dengan nasi kuning adalah resep nasi uduk yang juga sudah kami bagikan sebelumnya.

Resep Nasi Kuning Spesial Cita Rasa Nusantara

Nah bagi anda yang kebetulan sedang akan melakukan upacara atau syukuran bisa melihat bagaimana cara membuat nasi kuning spesial dalam resep yang segera saya berikan di bawah ini.

Bahan-bahan :
  • 500 gram beras (dicuci bersih, kemudian di tiriskan)
  • 3 sendok makan minyak sayur
  • 1 butir bawang bombay (dicincang halus)
  • 3 siung bawang putih (dicincang halus)
  • 2 batang daun bawang (rajang kasar)
  • 1 buah paprika merah (dipotong dadu)
  • 2 potong daging dada ayam (dipotong dadu)
  • 250 gram udang kupas
  • 1 sendok teh bubuk merica
  • 2 sendok teh garam
  • 1 butir jeruk nipis (peras, ambil airnya)
  • 800 ml kaldu ayam
  • 1 sendok teh bubuk kunyit/parutan kunyit (dilarutkan dengan 50 ml air)
  • Telur dadar gulung (iris-iris)
  • Bawang goreng secukupnya (untuk taburan)

Cara membuatnya :
  1. Panaskan minyak sayur, kemudian tumislah bawang bombay dan bawang putih hingga keluar aroma harum. Selanjutnya tambahkan irisan daun bawang, serta potongan paprika merah, aduk-aduk bahan hingga layu. Kemudian masukkan juga potongan dada ayam serta udang, lalu aduk-aduk hingga rata dan kaku.
  2. Masukkan beras yang sudah dicuci bersih, aduk-aduk hingga rata. Masukkan garam, bubuk merica serta air jeruk nipis, aduk lagi hingga rata. Kemudian tuangkan kaldu ayam serta larutan kunyit ke dalam campuran. LAnjutkan memasak hingga mendidih dan air kaldu ayam habis. Lalu angkat.
  3. Selanjutnya kukus beras yang sudah dimasak sebelumnya hingga 30 menit atau hingga matang, lalu angkat lagi. Beri dengan irisan telur dadar dan taburi dengan bawang goreng. Selanjutnya nasi kuning bisa disajikan dengan sambal kacang atau sambal sesuai selera, dan lauk yang anda suka.

Nah demikian tadi bagiaman resep nasi kuning spesial telah saya bagikan secara lengkap untuk anda semua. Resep yang saya bagikan di atas bisa dinikmati oleh 4 hingga 5 orang. Bagi yang tertarik segera saja anda buat mengikuti resep yang ada, bahan bisa dikurangi atau ditambah sesuai kebutuhan. Selama mencoba da terus berkreasi.


Blog, Updated at: 23.36